April 2019Peristiwa

24 Ribu Tenaga Kesehatan Lulus Uji Kompetensi

Sejak tahun 2018 lalu hingga April 2019, sebanyak 25.385 peserta mengikuti uji kompetensi jabatan fungsional kesehatan. Adapun peserta yang dinyatakan telah lulus uji kompetensi mencapai 24 ribu orang. Para peserta berasal dari Dinas Kesehatan Provinsi, Dinkes Kabupaten, UPT Kemenkes dan Kementerian/Lembaga.

“Pada tahun 2018 telah dilaksanakan uji kompetensi di 279 instansi dari 20.759 peserta uji, 19.699 dinyatakan lulus dan mendapat sertifikat kompetensi. Untuk tahun 2019 hingga tanggal 5 April 2019, dari 4646 peserta uji kompetensi, sebanyak 4364 peserta lulus uji kompetensi,” tulis Sekretaris Badan PPSDM Kesehatan, Trisa Wahjuni Putri, dalam keterangan yang diterima Mediakom.

Bagi jabfungkes yang belum ikut kompetensi diharapkan dapat segera mendaftar sementara bai peserta yang belum lulus diberikan kesempatan untuk mengulang. “Pengusulan calon peserta uji kompetensi kenaikan jenjang dapat dilakukan melalui halaman E-Ukom yang dapat diakses melalui E-Jafung di website Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan,” sebut Trisa.

Dalam keterangan yang diterima oleh redaksi Mediakom, ada 6 jabatan fungsional kesehatan yang diwajibakan mengikuti uji kompetensi ini yaitu perawat, perawat gigi, radiographer, teknisi elektromedis, perekam medis dan pembimbing kesehatan kerja. Uji kompetensi sendiri bertujuan untuk mengukur pengetahuan, ketrampilan dan sikap kerja pejabat fungsional kesehatan yang dilakukan oleh tim penguji dalam rangka memenuhi syarat kenaikan jenjang jabatan setingkat lebih tinggi.

Uji kompetensi ini dilakukan oleh Pusat Peningkatan Mutu Sumber Daya Manusia Kesehatan Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan sejak tahun 2018 sebagai impementasi dari Permenkes nomor 18 tahun 2017 tentang Penyellenggaraan Uji Kompetensi Jabatan Fungsional Kesehatan.

Editor : Prim Restri

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button