April 2019Peristiwa

SPM Kesehatan Kunci Suksesnya Pembangunan Kesehatan

Kementerian Kesehatan terus berupaya memberikan layanan kesehatan sesuai dengan standar pelayanan minimal (SPM). Dengan terpenuhinya SPM diharapkan tujuan utama dari pembangunan kesehatan dapat tercapai. “Tujuan pembangunan kesehatan yang utama adalah meningkatkan umur harapan hidup yang berkualitas. Artinya tidak hanya umur yang panjang namun juga sehat,” ujar Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kemenkes, Siswanto pada acara Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Jambi, (2/4).

Menurut Siswanto, umur harapan hidup yang berkuaitas dapat dicapai melalui sistem kesehatan yang baik terdiri dari sumber daya manusia yang berkualitas, tersedianya obat-obatan yang dibutuhkan masyarakat dan didukung pembiayaan yang cukup. Kemenkes, kata Siswanto, telah merumuskan rencana strategis pembangunan kesehatan yang dituangkan ke dalam 3 pilar utama yakni paradigma sehat, penguatan layanan kesehatan dan peningkatan cakupan kepesertaan JKN.

Siswanto berharap program tersebut mendapat dukungan dari masyarakat dan juga mendorong pemerintah daerah untuk meningkatkan sistem kesehatan daerah sehingga tujuan pembangunan kesehatan dapat terwujud.

Cakupan Kesehatan Semesta (UHC) tidak hanya cukup bahwa ke Fasyankes gratis, tidak cukup. Tetapi harus ada Puskesmas dan jejaringnya sampai dengan Rumah Sakit mampu melayani dalam konteks SDM-nya ada, obatnya ada, dan sebagainya. Oleh karena itu, penguatan sistem kesehatan daerah menjadi sangat penting,” pungkasnya.

Editor : Prima Restri

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button