Mei 2019Terobosan

Konsultasi Kesehatan Masa Kini Lewat Aplikasi SehatPedia

Kini berskonsultasi dengan tenaga kesehatan bisa dilakukan melalui dunia maya. Kemenkes mengembangkan aplikasi SehatPedia yang bisa diakses  dengan smartphone oleh masyarakat Indonesia tanpa batasan jarak dan waktu.

Keberadaan aplikasi pelayanan kesehatan digital menjadi daya Tarik Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan untuk melakukan inovasi guna menjawab kebutuhan masyarakat akan konsultasi dan informasi pelayanan kesehatan berbasis teknologi. Maka dirilislah aplikasi SehatPedia pada Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 tahun 2018.

Aplikasi SehatPedia adalah salah satu inovasi Kementerian Kesehatan dalam rangka membangun kesehatan yang lebih baik dengan program-program kesehatan yang menuju digitalisasi. Konsultasi dan informasi kesehatan ada dalam genggaman. 

Sekretaris Ditjen Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan, Agus Hadian Rahim, menjelaskan dalam Sehatpedia tersedia berbagai fitur yang menyajikan informasi-informasi seputar kesehatan meliputi, fitur Live Chat, yang dapat memberikan konsultasi interaktif bersama dokter rumah sakit yang akan membantu masyarakat atas keluhan kesehatan, konsultasi medis maupun tips kesehatan. 

Ragam Fitur di SehatPedia

Fitur Fasilitas Yankes

Pada fitur ini masyarakat sebagai pengguna dapat mengakses informasi rumah sakit serta dokter-dokter professional sekaligus melakukan pendaftaran online untuk rawat jalan.

Fitur artikel kesehatan dan fitur E-Policy

Fitur Artikel Kesehatan memberikan edukasi kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat pada bidang kesehatan. Menurut Agus Hadian bahwa artikel kesehatan ini akan menambah pengetahuan pengguna SehatPedia dan dijadikan nilai tambah untuk Angka Kredit Dokter pada remunerasi dokter.

Fitur Portal Regulasi Bidang Kesehatan (e-Policy)

Fitur ini menyajikan kumpulan kebijakan bidang kesehatan, seperti peraturan perundang-undangan sampai dengan Pedoman Nasional Pelayanan Kedokteran (PNPK). E-Policy untuk masyarakat yang ingin mengetahui kebijakan di bidang kesehatan, khususnya peraturan Menteri, peraturan perundang-undangan, pedoman nasional pelayanan kesehatan untuk kedokteran. Begitu selesai disahkan maka akan diupload di SehatPedia. 

Pada tahap pengembangan selanjutnya, akan muncul dua fitur baru bernama Jurnal Kesehatan dan Aktivitas Fisik. Jurnal Kesehatan memuat jurnal ilmiah dari dokter SehatPedia. Sedangkan Aktivitas Fisik merupakan fitur yang mendukung aktivitas Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dengan pengukuran langkah per hari, pengaturan pola makan melalui isi piringku. 

Konsultasi Kesehatan? SehatPedia Aja

Dari sekian banyak ragam fitur pada aplikasi ini, konsultasi live chat dijadikan fitur unggulan, seperti pasien dapat berkonsultasi dengan dokter, dokter gigi dan dokter spesialis dari 33 rumah sakit vertikal Kementerian Kesehatan dengan total 626 dokter SehatPedia. Para dokter ini menjadi tim konsultan yang akan memberikan konsultasi dan informasi seputar kesehatan. 

1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *