Agustus 2019Lentera

Akhir Dari Baik

Kedua; Jabatan, kekayaan dan kemewahan, setiap manusia menginginkanya, sangat sedikit yang mampu mengendalikan dan menempatkan sebagai ujian dan sekaligus amanah, karena begitulah fitrahnya manusia. Karena Ia bukan malaikat. Sebab itu, banyak manusia yang berlomba untuk mencapainya, bahkan ada yang menghalalkan dengan segala cara.  Sebab itu, berhati-hati dengannya. Kendalikan dan tempatkan sebagai amanah yang akan diminta pertanggung jawabannya. Jangan lupa juga selalu berdoa, berlindung kepa Allah, semoga selamat darinya.

Ketiga; Kemiskinan, kesulitan dan sakit berkepanjangan, setiap manusia ingin menghindarinya, kalau bisa. Hanya saja manusia kalau sudah di takdirkan dariNya demikian, tak akan mampu mengelaknya. Ia hanya bisa ikhtiar dan berdoa, selanjutnya menerima takdir dariNya. Sekalipun demikian, takdir ini bukan hal yang buruk, kalau sabar menghadapinya, bahkan sebagai berkah hidup yang luar biasa dariNya. Sebab itu jangan sampai mencela dan meratap terhadap takdirnya. Boleh jadi hal ini hanya sementara, setelah itu ada kemudahan, kemurahan dan kesehatan lahir dan batin, sebagaimana janjiNya. 

Keempatperjalan hidup yang baik, ditentukan di akhir perjalanan. Apakah berakhir dengan baik atau sebaliknya. Ada orang yang awalnya baik, tapi akhirnya buruk. Ada pula yang awalnya buruk, tapi akhirnya baik. Tapi, memang lebih baik, bila dari awal hingga akhir selalu baik. Mati dalam keadaan baik, karena saat meninggal sedang berbuat baik. Manusia akan meninggal dengan kebiasaan yang dilakukan. Kalau selalu berbuat buruk, dikhawatirkan mati saat berbuat buruk. Tapi kalau selalu berbuat kebaikan, semoga saat seperti itu Ia meninggal.

Sebab, manusia akan banyak dikenang oleh saudara dan sahabat yang ditinggal dengan apa yang terakhir Ia lakukan sebelum ajalnya tiba.  Kalau sedang berbuat kebaikan, maka kebaikan itu yang akan menjadi kenangan dan sekaligus kebaikan itu pula yang menjadi titik akhir kehidupannya. Inilah akhir yang baik yang menjadi harapan. Harapan kita semua, karena kebaikan itulah yang akan mereka bawa ke alam baka. Semoga…!

Laman sebelumnya 1 2

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *