Agustus 2019Peristiwa

Anggaran Kesehatan 2020 Capai Rp 132 Triliun

Pemerintah telah mengeluarkan Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) tahun 2020. Sektor kesehatan yang menjadi salah satu sektor prioritas dalam pembangunan nasional mendapatkan porsi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Rp 132 triliun.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Sekjen Kemenkes RI), Oscar Primadi, dalam rilis Kemenkes, mengungkapkan anggaran kesehatan dalam RAPBN 2020 sebesar Rp 132,2 triliun, di mana nilai itu adalah untuk keseluruhan anggaran fungsi kesehatan. “Artinya pengelola anggaran itu tidak hanya di Kemenkes tapi ada lembaga lain seperti Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), dan Rumah Sakit (RS) di luar Kemenkes,” ujar Sekjen Kemenkes dalam rilis yang keluar pada Sabtu, 17 Agustus 2019.

Besaran anggaran yang diterima oleh Kemenkes sendiri sebesar Rp 57,4 triliun, lebih kecil dari APBN tahun 2019. Kemenkes akan menitikberatkan penggunaan anggaran 2020 untuk menurunkan angka stunting

“Salah satu yang menjadi fokus pembenahan Kemenkes dalam penggunaan anggaran 2020 adalah menurunkan stunting. Hal tersebut selaras dengan visi misi Presiden, yakni peningkatan gizi masyarakat dan menurunkan stunting,” tulis Kemenkes.

Kemenkes menargetkan angka stunting di Indonesia pada 2024 turun menjadi 19%. Beberapa program telah disiapkan untuk mencapai target tersebut, di antaranya intervensi gizi spesifik secara langsung berupa pemberian obat atau makanan untuk ibu hamil atau bayi berusia 0-23 bulan. Kemudian intervensi gizi sensitif melalui berbagai kegiatan pembangunan di luar sektor kesehatan, antara lain penyediaan air bersih atau sanitasi, pendidikan gizi, dan ketahanan pangan dan gizi.

“Kami sudah bertekad bulat ingin masyarakat sehat, produktif, dan mandiri. Itu yang sedang kami lakukan,” tegas Sekjen Kemenkes.

Editor: Sopia Siregar

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *