PeristiwaSeptember 2019

Siswa SD Ramai Berkunjung Ke Stand Kemenkes Di IIBF 2019

Puluhan anak-anak Sekolah Dasar (SD) memadati stand Perpustakaan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Mereka mengikuti instruksi dari penjaga stand bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan bersih. Enam langkah mencuci tangan dalam waktu satu menit dipraktekkan anak murid sekolah dasar yang mengunjungi stand Perpustakaan Kementerian Kesehatan di acara Indonesia International Book Fair (IIBF) 2019 Jakarta Convention Center (JCC) pada 4 – 8 September 2019.

Dengan mengusung tagline “Bring Your Library Out” Perpustakaan Kemenkes tidak hanya sekedar ingin menjadi sumber informasi dan ilmu pengetahuan namun juga turut berperan dalam meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat melalui iklusi sosial. 

Acara ini dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Dalam sambutannya Anies menyatakan keprihatinanya akan masih rendahnya minat baca masyarakat Indonesia. Literasi masih dianggap program pemerintah, belum menjadi budaya di Indonesia. Anies berharap ke depan program literasi bisa menjadi gerakan seluruh masyarakat

“Kita harus dorong bagaimana literasi itu bukan menjadi program pemerintah, tapi literasi itu menjadi gerakan seluruh masyarakat” ujar Anies. 

Lebih lanjut, Anies mengatakan untuk membangun budaya literasi di Indonesia perlu kemitraan dan kerjasama antara pemerintah dengan pihak yang bergerak dalam literasi untuk bersama-sama memfasilitasi tumbuhnya kegiatan literasi masyarakat di Indonesia. 

Perpustakaan Kemenkes berkolaborasi dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) membuka stand di Hall A untuk memberikan informasi kepada  pengunjung tentang kesehatan. Untuk pengunjung yang merupakan siswa SD diajarkan bagaimana cara mencuci tangan dengan sabun yang baik dan benar. Tidak hanya informasi yang diberikan tapi pengunjung juga dibekali dengan media informasi dalam bentuk cetak seperti majalah dan buku kesehatan lainnya. 

Ini bukan kali pertama Perpustakaan Kemenkes mengikuti Pameran IIBF, setiap tahun Perpustakaan Kemenkes tak pernah melewati momen yang menjadi ajang promosi untuk memperkenalkan Perpustakaan Kemenkes kepada masyarakat. Tidak hanya itu, pameran ini juga merupakan salah satu bentuk pengabdian Perpustakaan Kemenkes kepada masyarakat dengan memberikan layanan informasi langsung tentang kesehatan kepada pengunjung yang datang.

Editor : Prima Restri

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *