September 2019Serba Serbi

Tips Merawat Rambut Agar Tetap Sehat

Bagi sebagian orang terlebih wanita, rambut adalah penghias kepala yang sangat penting karena dapat menunjang penampilan dan mampu memberikan kepercayaan diri yang lebih. Menurut Psikolog, Tara Adhisti de Thouars BA, M.Psi, percaya diri merupakan salah satu bentuk perasaan positif yang muncul dari dalam diri sendiri (bersifat internal).

“Rambut dan efek psikologi seseorang berdasarkan penelitian Yale University (Psychology, Women and Gender Studies Department) saat bad hair day memberikan pengaruh negatif terhadap kepercayaan dan keyakinan diri khususnya dalam beraktivitas dan berkinerja secara optimal,” ujarnya sebagaimana dikutip dari laman fimela.com

Setiap jenis rambut memerlukan perawatan yang tepat, agar rambut dan kulit kepala bisa selalu terjaga setiap hari. Berikut beberapa tips simpel yang bisa dilakukan agar kesehatan rambut senantiasa terjaga yang sebagaimana dikutip dari laman American Academy of Dermatologist (AAD):

Cuci Rambut

Menurut dr. Zoe D. Draelos, MD, FAAD, seorang Dokter Spesialis Kulit, mengatakan seberapa sering mencuci rambut harus didasarkan pada berapa banyak minyak yang dihasilkan kulit kepala. Kulit kepala yang berminyak, mungkin perlu mencucinya sehari sekali. Jika memiliki rambut yang dirawat secara kimia, rambut mungkin lebih kering, jadi mungkin mencucinya lebih jarang. Seiring bertambahnya usia, kulit kepala menghasilkan lebih sedikit minyak, jadi mungkin tidak perlu keramas sesering mungkin.

“Saat keramas, berkonsentrasilah terutama untuk membersihkan kulit kepala, daripada seluruh rambut, karena hanya mencuci rambut Anda bisa membuat rambut kusut yang kusam dan kasar,” kata Draelos sebagaimana dikutip dari laman AAD.

Gunakan Kondisioner

Menggunakan kondisioner dapat secara signifikan memperbaiki tampilan rambut yang rusak atau rusak akibat cuaca dengan meningkatkan kilau, mengurangi listrik statis, meningkatkan kekuatan, dan menawarkan perlindungan dari sinar UV yang berbahaya. Draelos menyatakan bahwa ketika memakai kondisioner hanya boleh digunakan pada ujung rambut dan bukan pada kulit rambut atau panjang rambut karena kondisioner dapat membuat rambut halus terlihat lemas.

Menyisir Rambut Secara Teratur

Dilansir dari laman CNN Indonesia, penata rambut Laura Superbi, menyarankan untuk menyisir rambut 2 kali dalam sehari yakni saat pagi dan malam hari sebelum tidur agar rambut berkilau, sehat, dan tidak kusut. Penata rambut Tracey Cunningham, mengingatkan agar tidak menyisir rambut dari bagian pangkal dan menyisir rambut saat rambut dalam kondisi basah karena menyisirnya hanya menyebabkan kerusakan.

Memotong Rambut Secara Teratur 

Dilansir dari laman kompas.com, dokter kulit dan spesialis rambut di Cleveland Clinic, Amerika Serikat, dr. Melissa Piliang menyatakan, memotong bisa membuat rambut lebih sehat. Karena hal ini bisa membantu menjaga rambut tetap kuat dan sehat sehingga disarankan memotong rambut setidaknya 3 bulan sekali. 

“Namun, jika merasa terlalu banyak bagian rambut yang rusak kita bisa memangkasnya lebih sering sekitar 6 hingga 8 minggu sekali,” jelas Melissa.

Editor: Sopia Siregar

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *