November 2019Serba Serbi

Handphone Android Pertama Di Dunia

Di era milenial sekarang ini hampir dalam setiap melakukan aktifitas manusiat tak pernah lepas dari handphone. Padahal sebelum gawai secanggih seperti saat ini, hanya sedikit orang yang mampu memilikinya. 

Dikutip dari laman didyouknow.org, telepon selular pertama di dunia diproduksi pada tahun 1946 oleh perusahaan Bell System dari St. Louis, Missouri, Amerika Serikat yang saat itu diperuntukan untuk digunakan di dalam mobil. Kemudian pada 3 April 1973 terjadilah peristiwa panggilan melalui telpon genggam yang dilakukan oleh Martin Cooper dari Motorola kepada saingannya, Joel S. Engel dari Bell Laps. 

Saat itu telpon genggam buatan Motorola tersebut dijuluki “batu bata” karena bobotnya yang hamper mencapai 1 kilogram.  Untuk satu ponsel “batu  bata” tersebut harganya juga cukup yakni dibandrol dengan harga $3.995! Maka tidak heran saat itu handphone menjadi barang mahal karena hanya segelintir orang yang memilkinya.

Seiring berkembangnya teknologi maka dunia telekomunikasi juga ikut berimbas, seperti pada tahun 1983 untuk pertama kalinya dunia mengenal jaringan 1G yang dapat digunakan sebagai media untuk berkomunikasi. Pada tahun 1991 jaringan 2G ditemukan yang juga berdampak dengan model telpon genggam lebih baik sekaligus juga kemunculan perdana smartphones.

Ditemukannya jaringan 3G pada tahun 2001 pada akhirnya benar-benar merubah wajah telpon selular di masyarakat global. Tercatat pada tahun 2003 ketika handphone Nokia 1100 dikenalkan pertama kali langsung habis terjual sebanyak 1 juta hanya dalam waktu satu minggu. Sampai saat ini Nokia 1100 masih tercatat sebagai handphone yang paling laris di penjuru karena mampu terjual sebanya 200 juta unit disusul dengan produk Apple yakni iPhone yang dikeluarkan pada 2011 terjual sebanyak 100 juta unit. 

Lantas siapa yang pertama kali memproduksi handphone Android pertama di dunia? Bukan Motorola yang berhasil melakukan panggilan telepon selular pertama di dunia juga bukan Nokia yang mampu menjual 1 juta unit hanya seminggu setelah dilempar ke pasaran. Hp Android pertama di dunia adalah HTC Dream, yang diperkenalkan ke pasar pada Oktober 2008 oleh perusahaan T-Mobile G1 di Amerika. Hp andrpid pertama saat itu ditawarkan seharga $179. 

Android sendiri dibuat pada Oktober 2003 oleh Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White. Pada tahun 2005 perusahaan raksasa Google membeli android dan di tahun 2007 hasil pengembangan sistem operasi Android berbasis Linux diluncurkan.  

Pada ponsel berbasis Android saat ini tersedia hampir satu miliar aplikasi yang dapat dimanfaatkan oleh para penggunanya. Diyakini pengguna handphone Android saat ini mencapai sekitar 6 miliar pelanggan di  seluruh dunia.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button