Info SehatJanuari 2020

6 Penyebab Kepala Pusing

Pusing jangan dianggap enteng. Jika mendera lebih dari dua pekan, cek kondisi ke dokter karena ada beberapa indikasi yang perlu diwaspadai.

Seperti yang ada di laman self.com, Direktur Orange County Migraine and Headache Center Dr. Susan Hutchinson, M.D secara lebih spesifik menyebutkan tiga tipe penyebab sakit kepala, yakni migrain, tekanan darah, dan pemicu dari luar.

Nah, agar tidak salah mengambil tindakan, coba kenali penyebab sakit kepala berikut.

Stress

“Tekanan psikologis saat stres langsung memicu sakit kepala,” ujar Hutchinson.

Jenis sakit kepala satu ini dapat dikenali ketika otot-otot sekitar leher dan bahu terasa tegang. Kondisi ini terjadi akibat respons tubuh ketika mengalami kekhawatiran atau tekanan berlebih.

Jika Anda mengalami sakit kepala karena stres, sebaiknya mengupayakan untuk mengurangi perhatian terhadap sumber pemicu masalah. Artinya, kata Hutchinson, obat satu-satunya untuk jenis sakit kepala tersebut dengan melakukan manajemen stres dan beberapa strategi khusus.

Strategi yang ampuh di antaranya dengan mengubah gaya hidup, yang awalnya disibukkan dengan berbagai kegiatan menjadi lebih enjoy dengan melakukan hobi. Bagi yang terdampak serius, dokter biasanya menyarankan untuk melakukan psikoterapi jenis cognitive behavioral therapy. Cara ini dapat mengurangi rasa amarah atau kekhawatiran berlebihan dalam diri.

Dehidrasi

Terkadang kegiatan minum air putih terlupakan, padahal hal sederhana ini dapat menjadi pemicu sakit kepala.

Para ahli kesehatan di Amerika Serikat belum menemukan keterkaitan langsung antara dehidrasi dan sakit kepala. Namun, mereka mencermati fungsi cairan dalam tubuh untuk mendukung tugas jantung saat memompa darah ke seluruh tubuh.

Ketika kadar air kurang dalam tubuh, darah tidak cepat terpompa ke seluruh tubuh. Volume darah yang terbatas ini membuat kadar oksigen menuju otak ikut terhambat dan menimbulkan efek sakit kepala. Hutchinson menyarankan agar mengenali tanda-tanda awal dehidrasi seperti air kencing berwarna kuning pekat, rasa haus, dan bibir pecah-pecah dan kering.

1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *