Februari 2020Kilas Internasional

Beragam Jenis Teh Herbal Negeri Ginseng

Nama Korea Selatan akhir-akhir ini populer lantaran drama televisi dan K-Pop yang semakin mendunia. Dua hal ini juga membuat makanan khas Negeri Ginseng semakin dikenal. Bukan cuma kimchi dan ginseng, tapi juga the herbalnya.

Korea Selatan memang tidak memiliki perkebunan teh yang luas karena tanaman teh tidak mudah tumbuh di sana. Hanya di daerah yang bersuhu lebih hangat seperti Boseong, Hadong, dan Jeju yang memiliki perkebunan teh.

Namun, untuk menutupi hal tersebut, Korea Selatan mengembangkan berbagai macam teh herbal yang masing-masing memiliki manfaat bagi kesehatan. Dalam laman english.visitkorea.or.kr dijelaskan, saat ini Korea Selatan memiliki lebih dari 10 jenis teh herbal yang berasal dari akar, kulit tanaman tertentu, biji-bijian, dan bunga.

Beberapa yang paling terkenal dan mudah di temui di toko online di Indonesia adalah sebagai berikut.

  1. Teh ginseng (insamcha)

Jenis ginseng yang tumbuh di Korea Selatan adalah panax ginseng, yang dibagi dalam 2 jenis yaitu ginseng putih dan ginseng merah. Mengutip hellosehat.com, ginseng memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan seperti meningkatkan fungsi kognitif, meningkatkan fungsi imunitas tubuh, memiliki dampak positif bagi penderita diabetes, dan berpotensi meningkatkan vitalitas pria.

  1. Teh omija (omijacha)

Teh yang dibuat dari buah magnolia berry yang dikeringkan ini sering disebut juga teh lima rasa karena memiliki lima macam rasa: manis, asam, pahit, asin, dan pedas. Di Korea Selatan, teh ini populer saat musim panas, dipercaya mampu mendetoksifikasi tubuh dan ampuh mengusir batuk, demam, dan influenza. Buah berry kering juga dapat dihaluskan dan dicampur dengan air panas sebagai minuman yang menyehatkan saat cuaca dingin.

  1. Teh barley (boricha)

Sesuai namanya, teh ini terbuat dari bulir tanaman barley yang di panggang dan ditumbuk. Teh barley mengandung antioksidan tinggi yang dapat mencegah radikal bebas dan penuaan dini. Antioksidan pada teh barley berasal dari kandungan vitamin C dan A di dalamnya. Teh barley mengandung niacin yang dapat membantu menurunkan kolesterol, dan dengan kalori yang rendah teh barley bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Teh ini banyak dikonsumsi di Korea Selatan karena dipercaya dapat membuat kulit menjadi halus dan bercahaya.

  1. Teh jagung (oksusu cha)

Teh jagung merupakan teh tradisional Korea yang dibuat dari bulir jagung yang dipanggang. Memiliki bau seperti karamel dengan rasa manis yang samar. Teh jagung bebas kafein sehingga bisa dinikmati kapan saja. Teh jagung banyak mengandung vitamin E, sehingga baik untuk kulit. Masyarakat Korea percaya teh jagung dapat membantu memperbaiki garis rahang (jaw line) menjadi lebih baik. Di Indonesia teh jagung banyak di sajikan di restoran Korea sebagai pengganti air putih.

Ferri Satriyani

Penyuka fotografi serta Penikmat film dan serial

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *