Maret 2020Media Utama

Bersama Melawan Covid-19

Diumumkannya pasien positif Covid-19 di Indonesia memberikan dampak pada berbagai sektor. Kebijkan work from home (WFH) mulai diterapkan di berbagai kantor, khususnya di Jakarta, sebagai tindak lanjut arahan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Meski demikian, semangat saling menolong yang telah menjadi budaya masyarakat Indonesia tidak luntur, meski wabah virus corona terus bertambah. Seperti yang dilakukan Suprianto bersama keluarganya.

Pria yang menjadi pegawai di Rumah Sakit Harapan Kita ini tidak ingin berdiam diri ketika koleganya berjuang merawat pasien positif Covid-19. Saat tidak bertugas, Supri dibantu istri dan anak-anaknya membuat face shield yang dapat berfungsi mencegah penularan virus melalui droplet terkena wajah bagi para petugas medis.

“Ide itu muncul ketika saya menjadi salah satu tim Covid-19 di RSAB Harapan Kita. Minimnya APD dan susah mendapatkannya di pasaran, saya ingin membuatnya. Yang terlihat mudah ya bikin face shield ini,” kata Supri.

Setelah ide muncul, dengan modal sendiri Supri langsung membelanjakan bahan-bahan untuk membuat face shield.

“Dibuat pertama kali 100 pcs dan dibagikan ke Puskesmas Kelurahan baru, Pasar Rebo, RS Meilia Cibubur, Puskesmas Brigif, Pekayon, Instalasi Radiologi, Rehabilitasi dan Laboratorium RSAB Harapan Kita, RS Sekarwangi , Cibadak, Sukabumi,” papar Supri yang sehari-hari bertugas sebagai terapis di RSAB Harapan Kita.

Apa yang dilakukan Supri mendapat respons positif, bahkan ada yang sampai meminta kembali dibuatkan. Selain itu ada juga dokter di Puskesmas yang memberikan dana agar dibuatkan APD serupa untuk kemudian didonasikan ke tempat fasilitas pelayanan kesehatan lain yang membutuhkan.

Menanggapi permintaan tersebut, Supri pun berusaha untuk memenuhi, sepanjang tidak mengganggu tugas rutinnya di rumah sakit.

“Saya akan membuat semampu saya di sela-sela kesibukan kami, selagi materialnya mudah didapatkan. Harapan saya, muncul orang-orang yang berkenan untuk ikut membuat face shield ini kemudian didonasikan,” imbuh Supri.

1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *