April 2020Potret

Menilik Laboratorium Badan Litbangkes, Pemeriksa Covid-19

Laboratorium Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) menjadi populer akhir-akhir ini. Pasalnya, laboratorium yang berlokasi di Jalan Percetakan Negara Jakarta Pusat ini awalnya menjadi satu-satunya laboratorium yang melakukan pemeriksaan spesimen Covid-19.

Sempat diragukan kemampuannya memeriksa sampel Covid-19, Laboratorium Penelitian Penyakit Infeksi Nasional Prof. Dr. Oemiati ini telah mengantongi sertifikasi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Namun, tahukah Anda, jika laboratorium pemeriksa Covid-19 adalah salah satu laboratorium di Badan Litbangkes?

Ingin mengenal lebih dekat dengan laboratorium yang dikelola oleh Pusat Litbang Biomedis dan Teknologi Dasar Kesehatan ini? Mari simak ulasan berikut.

Bermacam jenis laboratorium

Sebagai laboratorium kesehatan masyarakat, laboratorium Badan Litbangkes memiliki tugas dan fungsi melakukan penelitian dan pengembangan di bidang kesehatan dalam upaya pencegahan penyakit dan peningkatan kesehatan masyarakat.

Dalam menjalankan fungsinya, laboratorium Badan Litbangkes berperan mengikuti Keputusan Kepala Badan Litbangkes Nomor 976 Tahun 2020 tentang Penunjukkan Laboratorium Pusat Rujukan Nasional Penyakit Infeksi New-Emerging dan Re-Emerging dalam rangka penelitian, pengembangan, pengkajian, penerapan, dan surveilans.

Laboratorium yang ditunjuk menjalankan fungsi tersebut adalah Laboratorium Virologi, Laboratorium Bakteriologi, Laboratorium Parasitologi, dan Laboratorium Imunologi.

Keempat laboratorium tersebut memiliki tugas sebagai berikut: Menerima sampel/spesimen dari dinas kesehatan daerah maupun fasilitas kesehatan; melakukan pemeriksaan isolasi dan molekuler virus serta karakteristik lanjut dari agen penyakit; mengikuti kegiatan pemantapan mutu yang diselenggarakan WHO atau instansi internasional yang lain; melakukan pemantapan mutu internal dan mampu menyelenggarakan asesmen dan validasi untuk anggota jejaring laboratorium diagnosis penyakit infeksi emerging dan re-emergingmelakukan inventarisasi dan pemantauan bahan yang mengandung agen berbahaya di laboratorium fasilitas pelayanan kesehatan; melakukan kerjasama dengan para pakar laboratorium; melaksanakan kegiatan penelitian, pengembangan, pengkajian dan penerapan sebagai pendukung tugas dan fungsi Badan Litbangkes; menjalin kerjasama antar laboratorium.

1 2 3Laman berikutnya

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *