Isi PiringkuMei 2020

Cimplung Singkong, Si Lembut Manis Penuh Energi

Makanan yang berbahan utama dari singkong ini mampu “melelehkan” lidah penikmatnya karena kelembutan serta manisnya gula merah Jawa.

Di balik sedapnya camilan asal Banyumas, Bumiayu, Sokaraja, dan sekitarnya ini terdapat kandungan gizi yang mampu meningkatkan energi tubuh. Karbohidrat menjadi kandungan nutrisi utama dari singkong. Dalam 100 gram singkong terdapat 160 kalori, 38,06 gram karbohidrat, 1,8 gram serat, 1,7 gram gula, 14 miligram sodium, dan 271 miligram kalium.

Nilai gizi tadi acapkali hilang karena cara memasak singkong yang salah. Direbus merupakan cara memasak terbaik agar kandungan nutrisi dalam singkong dan umbia-umbian lain tidak hilang. Nah, cimplung yang melalui proses perebusan ini dapat menjadi pangan bergizi alternatif.

Proses pembuatannya relatif mudah. Jika tidak menemukan singkong, umbi lain seperti ubi jalar, ubi ungu, pisang ambon bahkan kentang dapat digunakan. Namun, biasanya cimplung memang sudah melekat dengan singkong.

Bahan utama yang dibutuhkan sekitar 500 gram singkong mentah. Kemudian, bersihkan dan kupas kulitnya. Potong memanjang ataupun potong bulat-bulat. Masukkan potongan singkong ke dalam air sekira 500 mililiter dan rebus singkong selama 20 menit. Jangan lupa tambahkan tiga sendok makan gula pasir, satu sendok teh garam, dan satu bungkus vanili ke dalam rebusannya untuk menyedapkan rasa.

Selanjutnya, masak larutan gula merah di wadah berbeda. Tambahkan daun pandan ke dalam 250 mililiterl air rebusan gula merah. Jika rebusan singkong sudah berkurang airnya hingga seperempatnya, masukkan gula merah ke dalamnya sambil diaduk terus hingga meresap ke dalam singkong. Lakukan terus hingga singkong terlihat berwarna kecoklatan dan empuk.

Cimplung biasanya disajikan hangat ataupun dingin. Nikmat pula disandingkan bersama minuman kopi ataupun teh. “Kalau di daerah saya di Bumiayu, cimplung dijual oleh pedagang gula merah setiap pagi karena mungkin pas untuk sarapan dan gula merah dagangannya bisa dimanfaatkan untuk bahan panganan yang disukai pelanggannya,” terang salah seorang penggemar cimplung, Hidayatul Rohmi.

Gula merah yang berasal dari air nira kelapa pun ternyata mengandung banyak manfaat bagi tubuh. Beberapa kandungan nutrisi gula merah, di antaranya zat besi, kalium, vitamin C, magnesium, dan fosfor.

Berkat kandungan tersebut,gula merah diyakini mampu memberikan sejumlah kecil fitonutrien, seperti polifenol, flavonoid dan antosianidin, dan antioksidan. Zat-zat fitonutrien tersebut dapat membuat tubuh lebih bertenaga, melawan sel kanker dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain itu, gula merah memiliki indeks glikemik yang relatif rendah, yaitu sekitar 54. Sementara indeks glikemik terbilang tinggi saat berada di angka 70. Selain memiliki nilai indeks glikemik yang rendah, gula merah kelapa juga mengandung sejumlah zat gizi, yakni vitamin dan asam amino.

Menilik kandungan gizinya, yuk dicoba resep Cimplung ini untuk menjadi selingan atau camilan keluarga bernutrisi, yang bagus juga dikonsumsi oleh  ibu menyusui  serta para lansia. Selamat mencoba.

Ringkasan Gizi Singkong:
KalLemakKarbohidratProtein
1600,28g38,06g1,36g
Terdapat 160 kalori dalam Singkong (100 gram)

Sumber: FatSecret Platform API

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button