Mei 2020Resensi

Kekuatan Negoisasi Di Tengah Konflik

Judul Film        : Captain Phillips

Sutradara        : Paul Greengrass

Penulis             : Billy Ray

Studio              : Sony Pictures

Tanggal Rilis    : 17 Oktober 2013 (Indonesia)

Negara            : Amerika Serikat

Genre              : Biografi, drama

Rating              : PG-13

Durasi              : 134 Menit

IMDb               : 7,8/10

Film “Captain Phillips” diambil dari kisah nyata perjuangan Kapten Richard Philips (Tom Hanks), kapten kapal Maersk Alabama dalam membebaskan dirinya dan anak buahnya dari perompak laut Somalia pada tahun 2009.

Film ini menceritakan saat Kapal Maersk Alabama yang bermuatan 17.000 ton bantuan untuk Kenya tengah berlayar menuju Mombasa. Di tengah perjalanan, kapal di serang oleh perompak Somalia. Kapten Philips yang sejak awal sudah mempersiapkan awak kapal dalam menghadapi ancaman bajak laut segera mengatur strategi agar para perompak tidak bisa membajak kapal.

Strategi tersebut berhasil membuat satu kapal perompak mundur. Namun, satu kapal yang berisikan 4 orang perompak berhasil naik dan menguasai kapal dan meminta uang tebusan.

Kapten Phillips beserta beberapa awak kapal yang sedang bersamanya ditawan oleh perompak, sedangkan awak kapal yang lain berhasil bersembunyi di tempat yang jauh dari jangkauan perompak.

Dari sinilah drama dan ketegangan dimulai. Sepanjang cerita dipenuhi dengan adegan perjuangan Kapten Philips untuk menang melawan para perompak secara mental dan penuh akal. Alur cerita menampilkan secara detil sikap seorang kapten kapal senior dan berpengalaman dalam menghadapi tekanan dan sikap tidak sabar 4 perompak Somalia.

Dengan strateginya, Kapten Phillips membuat para perompak panik dan bingung. Awak kapal yang sudah dibekali latihan menghadapi perompak berhasil mematikan mesin sebelum bersembunyi, sehingga kapal mati total dan gelap gulita. Para perompak pun gagal membawa kapal ke Somalia, dan tidak bisa membuka kargo yang dibawa oleh kapal.

Para awak kapal pun mampu melumpuhkan perompak. Namun, dengan penuh kelicikan, para perompak berhasil menculik Kapten Phillips dan membawanya pergi menggunakan sekoci kapal dengan tujuan membawanya ke Somalia dan meminta tebusan, sampai akhirnya Angkatan Laut Amerika Serikat melakukan upaya penyelamatan terhadap Kapten Phillips yang ditawan.

Film ini tidak hanya memberikan unsur thriller, tapi juga mengandung unsur drama yang kuat dengan pengembangan karakter yang semakin kaya seiring dengan perkembangan film. Kepiawaian Tom Hanks memainkan peran pun sudah tidak diragukan lagi. Karakter Kapten Richard Phillips yang dimainkan olehnya mampu memperlihatkan emosi serta kepribadian seorang kapten kapal yang bertanggung jawab atas keselamatan awaknya, mulai dari mencoba untuk bernegosiasi dengan para perompak hingga melawan balik.

Tidak hanya itu, para tokoh lain yang terlibat dalam film ini juga turut memberikan impresi yang menggugah hati dan menunjukkan selayaknya tingkah laku manusia ketika berada di dalam tekanan serta ancaman bahaya. Adegan upaya penyelamatan kapten Phillips pun mampu memberikan pesan bahwa tiap nyawa warga negara itu sangat berarti.

Tidak banyak film yang didasarkan dari kisah nyata yang mampu memberikan sebuah penggambaran kejadian secara nyata. Film Captain Phillips bisa dikatakan sebagai salah satu film yang berhasil mereka ulang insiden pembajakan kapal dengan cukup baik dan mampu menggugah emosi para penontonnya.

Ferri Satriyani

Penyuka fotografi serta Penikmat film dan serial

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *