Mei 2020Peristiwa

Sehat Secara Mandiri Di Kabupaten Kotawaringin Barat

“Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat menargetkan wilayahnya menjadi daerah sehat dengan cara mandiri. Dan beberapa program unggulan dibuat untuk mewujudkan hal tersebut dengan melibatkan berbagai macam lapisan masyarakat.” Begitu kata Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Barat, Samsudin, SKM, Msi.

Menurut Samsudin, salah satu program unggulan tersebut meliputi kondisi terkini masyarakat di wilayahnya yang telah mampu mengakses air bersih dengan berlandaskan kegiatan sanitasi total berbasis masyarakat (STBM).

Sejak hadirnya fasilitas kesehatan berupa laboratorium daerah di Kotawaringin Barat pada 2009, masyarakat sekitar dapat memeriksa secara mandiri, sehingga cakupan kualitas air bersih terus mengalami peningkatan.

Program unggulan berikutnya, Pemerintah Daerah Kotawaringin Barat telah menerbitkan Peraturan Daerah No. 4 tahun 2015 terkait kawasan tanpa rokok di wilayahnya. Ini disambut positif oleh masyarakat dengan lahirnya Gerakan Anti Merokok yang diinisiasi oleh masyarakat sendiri.

“Mereka inilah yang akan terus mengedukasi masyarakat tentang bahaya rokok dan pentingnya hidup sehat,” tambah Samsudin.

Selanjutnya, untuk mencegah permasalahan stunting, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat juga memiliki program minum tablet penambah darah untuk remaja, yang rutin digaungkan dan disosialisasikan oleh pemerintah daerah, khususnya dinas kesehatan. Sebagai penyokong program pencegahan stunting ini, dilakukan kegiatan pemantauan tumbuh kembang bayi secara rutin oleh kader posyandu setempat dengan nama Gerakan Garda Stunting yang dikemas secara mendarik melalui lomba balita.

Selain itu, pemerintah daerah melalui Forum Komunikasi Kabupaten, Forum Komunikasi Kecamatan, serta Forum Komunikasi Kelurahan secara rutin juga mendorong 38 jenis kegiatan masyarakat untuk mampu hidup sehat secara mandiri. Mulai dari olah raga, menghindari Napza dan kepatuhan masyarakat tidak merokok di tempat umum. [*]

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button