Juni 2020Newsflash

Masyarakat Diminta Terapkan Protokol Kesehatan di Era New Normal

Kasus penularan Covid 19 di beberapa daerah masih tinggi oleh karena itu protokol kesehatan menjadi hal yang mutlak untuk dijalankan oleh masyarakat dengan selalu menjaga jarak, mencuci tangan dan memakai masker. Namun tidak semua masyarakat mematuhi imbauan tersebut.

“Masih ada kelompok rentan yang tidak mematuhi protokol kesehatan, tidak menjaga jarak, tidak memakai masker, dan tidak rajin mencuci tangan, inilah yang kemudian menjadi kelompok rentan untuk tertular. Inilah gambaran kasus baru yang muncul,” ujar Juru Bicara Pemerintah dalam Penanganan COVID-19, dr Achmad Yurianto, dalam keterangannya di Graha BNPB, Jakarta.

Yuri menjelaskan, ada 4 tingkatan penularan saat ini, pertama, apabila Orang Tanpa Gejala (OTG) yang membawa virus tidak menggunakan masker dan melakukan kontak dengan orang rentan, maka kemungkinan penularannya 100 %. Kedua, orang yang sedang sakit memakai masker, sementara kelompok rentan tidak memakai masker maka resiko penularannya sekitar 70%. Ketiga, orang yang sedang sakit memakai masker, sementara orang sehat tidak memakai masker memiliki resiko penularan hanya 5 %. Keempat, apabila orang yang sedang sakit dan orang sehat sama-sama disiplin memakai masker, maka potensi penularan hanya 1,5 %.

“Diharapkan masyarakat menjadikan protokol kesehatan menjadi kebiasaan baru menuju tatanan masyarakat produktif. Namun, tetap aman dari Covid 19,” imbau pria yang juga menjabat sebagai Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes ini.

Pada laporan COVID-19 per tanggal 25 Juni 2020, jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Indonesia bertambah 1.113 orang. Penambahan tersebut didapatkan dari pemeriksaan spesimen sebanyak 21.233 sehingga total menjadi 689.492 spesimen. Penambahan kasus tersebut tersebar di 443 Kabupaten/Kota di 34 provinsi.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *