Agustus 2020Newsflash

Kemenkes Kampanye 3M

Untuk mencegah penularan COVID-19, Kementerian Kesehatan melakukan kampaye membiasakan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak (3M). Kampanye memakai masker ini dilakukan mulai 10 Agustus – 6 September 2020. Kemudian, dilanjutkan dengan kampanye mencuci tangan pakai sabun (CTPS) pada 7 September- 6 Okotober 2020. Seementara itu, kampanye menjaga jarak mulai 7 Oktober – 6 November 2020.

Khusus kampanye menggunakan masker, gerakan pembagian masker sudah dilakukan sejak 25 hingga 30 Agustus 2020. Kementerian Kesehatan telah mengampanyekan disiplin pakai masker di Gelora Bung Karno, Jakarta (30/8). Kampanye tersebut sebagai ajakan kepada masyarakat Indonesia untuk membiasakan diri memakai masker agar terhindar dari penularan COVID-19. Adapun total masker yang telah dibagikan berjumlah 1 juta masker.

Menteri Kesehatan yang diwakili oleh Sekjen Kemenkes drg. Oscar Primadi, MPH mengatakan upaya untuk mencegah penularan COVID-19 adalah dengan menerapkan perilaku sehat, yaitu “Selalu Memakai Masker, Mencuci Tangan Pakai Sabun, dan Menjaga Jarak”.

“Kementerian Kesehatan dan Kemenko Perekonomian telah membagikan lebih dari 40 ribu masker kepada peserta yang ada di Gelora Bung Karno dan masyarakat yang ada di sekitarnya,” ujar Oscar Primadi.

Menurut Oscar, memakai masker sangat penting sebagai upaya mencegah terjadinya penularan COVID-19, terutama ketika berada di kerumunan atau berdekatan seperti di pasar, stasiun, transportasi umum (misalnya bus) dan tempat-tempat umum lainnya. Masker dapat menghalau percikan air liur yang keluar saat berbicara, menghela napas, ataupun batuk dan bersin sehingga dapat mengurangi penyebaran virus tersebut.

“Masa pandemi ini masyarakat Indonesia harus siap hidup dengan tatanan baru dan beradaptasi dengan situasi pandemi yang mungkin akan berlangsung lama. Untuk memperlambat penyebaran virus masyarakat harus siap menjalankan protokol kesehatan secara ketat,” harap Oscar.

3M

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button