Agustus 2020Isi Piringku

Nikmatnya Kohu-Kohu, Hidangan Sehat dari Maluku

Indonesia Kaya Akan Ragam Masakan Nusantara. Setiap Daerah Memiliki Hidangan Khas Dengan Aneka Rasa Dan Bahan Olahan Yang Merupakan Kekayaan Bangsa Kita. Salah Satunya Makanan Khas Dari Provinsi Maluku.

Maluku sebagai daerah kepulauan memiliki banyak hidangan dengan bahan dasar ikan laut seperti cakalang dan tongkol. Biasanya ikan ini dimasak kuah atau bumbu kuning, kemudian dimakan bersama dengan papeda, sagu yang dimasak sebagai pengganti nasi.

Tak hanya itu, Maluku masih menyimpan masakan khas yang mungkin belum banyak orang ketahui. Namanya kohu-kohu. Bagi masyarakat Maluku, ini adalah makanan sehari-hari dan juga hidangan di saat ada pesta atau perayaan. Tampilan masakannya mirip seperti urap atau trancam di daerah Jawa yaitu campuran sayuran yang ditaburi parutan kelapa yang telah diberi bumbu. Yang berbeda dari kohu-kohu adalah tambahan potongan atau suwiran ikan. Dengan demikian kohu-kohu menjadi panganan konsumsi favorit karena memenuhi gizi lengkap dan seimbang yang baik bagi kesehatan.

Kohu-kohu kaya akan serat, vitamin, dan zat lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan. komposisi gizinya dapat dilihat padadata Fatsecret.com berikut ini.

Cara membuat kohu-kohu sederhana, simpel dan mudah. Sebagaimana ada dalam kota ambon. blogspot.com, Juru masak Bara Pattiradjawane memberikan resepnya. Bahan kohu-kohu yaitu kacang panjang yang diris nipis, taoge, kemangi, bawang merah diiris halus, kelapa parut, jeruk nipis,dan garam. Bumbu yang dihaluskan terdiri atas cabe merah, cabe rawit,dan garam. Cara mengolahnya, kukus kelapa parut yang telah dicampur dengan bumbu yang dihaluskan. Setelah kelapa parut matang lalu hidangkan dengan campuran irisan kacang panjang, bawang merah, taoge, kemangi dan suwiran ikan asap aduk hingga rata. Terakhir tambahkan kemangi dan jeruk nipis kemudian aduk kembali hingga tercampur rata. Selesailah sudah.Hidangan kohu-kohu yang sehat, lezat dan bergizi siap untuk disantap.

Untuk menambah kenikmatan,biasanya orang Maluku menyantap kohu-kohu dengan singkong atau ubi rebus.

Informasi Gizi Kohu-kohu
Informasi Gizi Kohu-kohu

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *