Info SehatSeptember 2020
Popular

Menjaga Lansia Tetap Sehat di Kala Pandemi

Adakah di antara kita yang mempunyai anggota keluarga yang sudah lanjut usia? Di masa pandemi Covid-19 ini penting tentunya bagi kita untuk menjaga diri dan anggota keluarga kita yang sudah lanjut usia. Kita tahu bahwa lansia merupakan salah satu kelompok usia yang rentan akan terpapar virus Covid-19 selain anak-anak.

Penjelasan dari dr. Adiatmo Pratomo,SpPD dari RSPI Sulianti Saroso bahwa jika ada anggota keluarga kita yang lanjut usia maka sebaiknya kita dapat menemaninya beraktivitas di rumah. Kita juga berperan untuk lebih menjaga kesehatannya di masa pandemi. Beliau juga menyampaikan bahwa di masa pandemi ini sebisa mungkin lansia berada di dalam rumah saja dan tentunya dengan tetap mengkonsumsi makanan bergizi. Jangan lupakan untuk selalu membantunya melakukan aktivitas fisik agar badan tetap bugar dan menjaga otot tubuh lansia.

Konsumsi makanan bergizi dan memperhatikan kandungan makanan penting untuk dilakukan, terutama bagi lansia yang mempunyai penyakit penyerta seperti darah tinggi ataupun kencing manis.

“Seandainya mempunyai penyakit darah tinggi maka kurangi makanan yang mengandung garam maupun lemak. Demikian pula agar diet gula bagi penderita kencing manis,” tutur dr. Adiatmo.

Walaupun di rumah saja, tetapi dr. Adiatmo menyarankan agar para lansia sebisa mungkin berjemur selama 15 hingga 30 menit di pukul 8 – 9 pagi setiap harinya. Selain itu, Vitamin C maupun Vitamin E juga dapat dikonsumsi guna meningkatkan daya tahan tubuh lansia. Bagi lansia yang memiliki penyakit penyerta dan mengkonsumsi obat secara rutin, maka harus diperhatikan pula terkait dosis maupun pengaturan jam minum.

“Jika nanti obat habis, maka kita bisa menggunakan fasilitas telemedicine untuk berkonsultasi kepada dokter. Jika lansia tersebut perlu untuk kontrol ke fasilitas pelayanan kesehatan tentu harus dengan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19,” tutur dr. Adiatmo saat mengisi talkshow Keluarga Sehat di Radio Kesehatan yang bertajuk “Perawatan Lansia di Rumah pada Masa Pandemi Covid-19”.

Selain mengikuti protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mengenakan face shield, mencuci tangan dengan sabun ataupun membawa hand sanitizer ketika lansia harus ke fasilitas pelayanan kesehatan, dr. Adiatmo juga menyarankan agar kita dapat melakukan registrasi online sebelum berkonsultasi langsung. Dengan begitu, lansia tidak perlu berlama-lama menunggu antrian di fasilitas pelayanan kesehatan.

Masa pandemi ini terkadang juga dapat membuat para lansia menjadi bosan, khawatir atau cemas berlebihan yang dapat berakibat stres. Kita dapat mengajak mereka untuk melakukan hobi yang bisa dilakukan di rumah seperti merawat tanaman hias dan bercocok tanam. Selain itu, guna meminimalisir stres pada lansia, anggota keluarga juga dapat membatasi informasi yang ada, misalnya dengan mengontrol penggunaan televisi dengan lebih bijaksana.

“Dengan melakukan hobi di rumah tentu dapat mengurangi rasa bosan. Selain itu gunakan tivi dengan bijaksana, hindari berita politik atau berita yang seram agar lansia tetap berfikir positif,” ucapnya.

Bagi anggota keluarga yang beraktivitas di luar rumah, juga harus memperhatikan protokol kesehatan seusai pulang ke rumah. Sesampainya di rumah, harus dipastikan agar segera mandi dan membersihkan diri, mengganti pakaian yang dikenakan dari bepergian, serta tetap sebisa mungkin menjaga jarak dengan para lansia yang ada di rumah.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button