PeristiwaSeptember 2020
Popular

WHO SEARO Apresiasi Mitigasi Risiko Indonesia

WHO SEARO Apresiasi Mitigasi Risiko Indonesia

Direktur Regional World Health Organization South-East Asia Region (WHO SEARO), Poonam Khetapral Singh, mengapresiasi Indonesia atas upayanya mengembangkan perencanaan mitigasi risiko yang fokus pada ketersediaan obat dan alat kesehatan lainnya.

Apresiasi tersebut disampaikan WHO SEARO pada acara WHO South East Asia Regional Committee Meeting ke-73 yang digelar secara daring pada 9-10 September 2020. Pertemuan tersebut dipimpin oleh Menteri Kesehatan Thailand dan turut dihadiri 11 negara anggota SEARO.

Merespons apresiasi tersebut, melalui video singkat Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto menyampaikan rasa terima kasih atas apresiasi yang diberikan. Kemudian Terawan menjelaskan, perencanaan tersebut sebagai upaya kolektif Indonesia untuk mencapai tiga target global yakni the triple billion targets, universal health coverage (UHC), dan SDG Goal 3, yang mana pelaksanaan ketiganya pasti akan terganggu oleh pandemi COVID-19, apabila belum ditemukan solusi yang tepat.

“Untuk mencapai ketiganya, Indonesia terus berkomitmen memperkuat kapasitas sistem kesehatan sekarang dan masa depan. Ini sebagai kontribusi kami untuk mencapai target global,” kata Terawan.

Menurut Menkes, penguatan sistem kesehatan harus sejalan dengan penguatan sumber daya kesehatan yang berkualitas. Sebab itu, Indonesia siap meningkatkan jumlah SDM kesehatan yang berkualitas, memperluas distribusi tenaga kesehatan di perdesaan dan daerah yang sulit dijangkau. Untuk mencapai hal ini, berbagai intervensi serta menjalin kerja sama dengan Australia, khususnya integrasi pelayanan kesehatan mata pada UHC.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *