Info SehatOktober 2020
Popular

Kaki Pengkor Bukan Akhir dari Segalanya

Kaki Pengkor Bukan Akhir dari Segalanya

Kaki pengkor dalam bahasa medis disebut dengan clubfoot atau Congenital Talipes Equinovarus (CTEV) merupakan kelainan yang terjadi sejak lahir pada struktur tulang dan jaringan lunak di daerah kaki. Kelainan ini menyebabkan kaki melengkung dan memuntir ke dalam menyerupai tongkat golf.

Hal ini terjadi akibat produksi kolagen yang berlebihan terutama pada otot kaki bagian tengah dan belakang sehingga otot menjadi kaku dan memendek sehingga menarik tulang ke arah yang tidak normal.

Kondisi telapak kaki yang tampak bengkok ke dalam ini secara kasat mata dapat langsung diidentifikasi langsung setelah bayi lahir. Clubfoot dapat terjadi pada salah satu atau kedua kaki dan lebih sering terjadi pada laki-laki dibandingkan perempuan.

Penyebab

Penyebab pasti dari clubfoot masih belum diketahui secara pasti, namun kelainan genetik dan posisi dalam rahim di dalam kandungan diduga merupakan penyebabnya. Perlu dicatat bahwa clubfoot dapat disertai dengan cacat bawaan di organ tubuh lainnya seperti kepala, tulang belakang atau panggul. Clubfoot yang berdiri sendiri tanpa disertai penyakit lain disebut dengan Idiopathic Clubfoot sedangkan jika disertai dengan penyakit penyerta disebut dengan Secondary Clubfoot.

Apabila clubfoot tidak ditangani, anak akan mengalami kesulitan dalam berjalan karena sisi luar dari mata kaki akan menjadi tumpuan ketika berjalan. Hal ini tentu akan sangat mengganggu terutama ketika anak sudah memasuki usia produktif karena berdampak kepada kapasitas anak untuk bekerja dan juga berkontribusi dalam masyarakat.

Penanganan

Penanganan sedini mungkin diharapkan dilakukan kepada anak agar meningkatkan peluang bentuk kaki kembali normal dan tidak timbul masalah nyeri tanpa operasi atau dengan operasi minimal. Periode emas untuk mulai dilakukan penanganan pada kelainan kaki pegkor adalah 1-2 minggu setelah kelahiran.

Seperti yang dilansir dari Orthobullets.com, terapi non-operatif secara bertahap merupakan pilihan utama dalam mengangi kasus clubfoot. Metode Ponseti yang diperkenalkan oleh Profesor Ignacio Ponseti dari Universitas Lowa, Amerika pada 1960-an adalah penanganan terpilih untuk clubfoot. Metode ini sangat aplikatif, efektif secara biaya dan juga mempunyai angka keberhasilan yang tinggi.

1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *