Oktober 2020Profil

Saya Terlahir untuk Menjadi Psikiater

Saya Terlahir untuk Menjadi Psikiater

Jurusan psikologi belum terlalu diminati di Indonesia pada akhir 1980-an. Namun, ini tidak menghalangi dr. Siti Khalimah,Sp.KJ, MARS—yang saat ini menjabat sebagai Direktur Kesehatan Jiwa dan Pengendalian NAPZA Kementerian Kesehatan—untuk mengeluti bidang tersebut. Kepada Mediakom, perempuan asal Pati, Jawa Tengah ini menceritakan perjalanan hidupnya.

“Sebenarnya dari awal saya memang sudah tertarik ilmu kesehatan jiwa. Saya seperti dilahirkan untuk menjadi psikiater,” ungkap Siti.

Siti mengatakan, dirinya mulai tertarik dengan ilmu jiwa atau psikologi sejak duduk di bangku SMA. Namun, saat lulus SMA, keinginan Siti untuk meneruskan kuliah ke jurusan psikologi tidak dapat terwujud, karena jurusan Psikologi saat itu hanya ada di Yogyakarta, sementara sang ibu tidak menghendaki dirinya berjauhan.

Akhirnya, ibunya yang berprofesi sebagai PNS menyarankan Siti untuk mengambil jurusan kedokteran. Jika masih ingin mendalami ilmu jiwa, dapat meneruskan mengambil spesialis kejiwaan.

Anjuran sang ibunda diiyakan oleh perempuan yang memiliki dua orang anak ini, dan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang adalah menjadi pilihan Siti untuk menempuh pendidikan setamat SMA.

Alasan

Siti mengatakan, dirinya sangat tertarik dengan dunia psikologi karena ia lebih suka memerhatikan dan mendengarkan orang dibandingkan menjadi pusat perhatian. Selain itu, ia juga suka menganalisa respons orang terhadap masalah yang berbeda.

“Jadi saya tertarik untuk mempelajari perilaku manusia. Nanti ke depannya mau membantu bagaimana mereka sampai tidak melakukan hal-hal yang merugikan dirinya,” urainya.

Tahun 1996, Siti menyelesaikan pendidikan sebagai dokter dan langsung mengikuti program Dokter Pegawai Tidak Tetap (Dokter PTT) di Puskesmas Cipendeu, Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Ia mengikuti langkah suami yang bertugas di Bandung.

1 2 3Laman berikutnya

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button