Galeri FotoNovember 2020Uncategorized

Bekal Kemandirian Untuk ODGJ

LAYANAN rehabilitasi psikososial bertujuan untuk membantu pasien orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) agar dapat mencapai kemandirian. Melalui layanan ini pasien (rehabilitant) dibekali dengan keterampilan, seperti, menanam sayuran dengan teknik hidroponik, membuat gerabah dari tanah liat, membuat kue, membuat telur asin dan menyulam.

Rehabilitant yang mengikuti program ini tak hanya berasal dari kawasan Jabodetabek saja, tapi juga datang dari berbagai provinsi di Indonesia seperti, Papua. Saat berkunjung ke RSMM, tim Mediakom sempat bertemu dengan salah seorang rehabilitant yang berasal dari Wamena, Papua. Ia mengaku sangat senang bisa bergabung di GALERI FOTO kelas gerabah. Ia berharap apa yang ia pelajari bisa menjadi bekal saat dirinya terjun ke masyarakat. “Saya ingin jadi pengusaha yang bagus,” katanya.

Layanan rehabilitasi psikososial diberikan oleh tim tenaga kesehatan profesional yang terlatih dalam rehabilitasi psikososial, yang terdiri atas psikiater, psikolog, dokter, perawat, terapis okupasi, pekerja sosial medis dan juga instruktur latihan.

Dilansir dari portal resmi RSMM, program rehabilitasi psikososial ini bisa diakses dengan fasilitas JKN/ KIS dari BPJS Kesehatan. Pasien akan mendapat pengantar untuk mengikuti program rehabilitasi psikososial dari psikiater di poliklinik.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga
Close