Info SehatNovember 2020

“Mindful Eating”, Cara Asyik Menikmati Makanan

Dalam proses makan, ada cara yang bisa diterapkan supaya makanan bisa dicerna dengan baik.

Beberapa tahun terakhir muncul tren mindful eating.

Menurut Nunny Hersiana, master NLP yang juga penulis buku “Happy Eating, Go Langsing”—seperti ditulis pada laman cnnindonesia.com—mindful eating merupakan konsep makan dengan penuh kesadaran. Mulai dari melahap, mengunyah, serta menelan hingga suapan akhir.

Jika sudah menerapkan mindful eating, biasanya seseorang akan lebih memerhatikan wujud, warna, tekstur, aroma, dan tentunya rasa hidangan.

Kabar baiknya, mindful eating dapat membantu mengontrol nafsu makan berlebihan dan membantu program diet. “Journal of Obesity” menunjukkan bahwa mindful eating juga dapat diterapkan untuk mengatasi perliku makan yang menyimpang seperti binge eating disorder (BED). Penderita BED sering makan dalam jumlah yang sangat banyak dan sulit untuk menahan dorongan untuk makan. Oleh karena itu, penderita BED berisiko menimbulkan berbagai penyakit tidak menular (PTM) seperti obesitas, hipertensi, dan penyakit jantung.

Dilansir situs health.harvard.edu, pada buku “Savor: Mindful Eating, Mindful Life”, Dr. Cheung membeberkan langkah sederhana untuk mencapai mindful eating.

Langkah pertama, mulai dari daftar belanja. Ketika berbelanja makanan dan bahan pangan, sebaiknya juga mempertimbangkan unsur kesehatan dan nutrisi. Selain itu, perlu membuat perencanaan belanja dengan cermat. Guna menghindari pembelian yang tidak terkontrol, belanjalah sesuai dengan daftar belanja. Sebaiknya penuhi keranjang belanja dengan bahan alami yang segar. Hindari panganan yang sudah melalui proses pengawetan juga tinggi kadar garam dan gula.

Langkah kedua, makanlah ketika lapar, tapi jangan menunda sampai kelaparan.

Jika terbiasa menunda waktu makan, maka besar kemungkinan seseorang akan makan dengan porsi yang lebih banyak. Hal tersebut disebabkan karena orang cenderung mengutamakan perut yang kosong alih-alih menikmati hidangan.

1 2Laman berikutnya

Utami Widyasih

Abdi Negara, Ibu satu anak, Gemar memasak

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button