Desember 2020Isi Piringku

“Biji Peluru” Yang Legit Dari Bali

Bukan semata lantaran alam dan adat istiadatnya, hal lain yang membuat Bali kondang ke seantero dunia adalah karena kulinernya yang lezat. Salah satunya Batun Bedil.

Batun Bedil adalah salah satu kue, atau jajanan tradisional Bali, berbentuk bulat pipih. Kudapan yang kenyal dan memiliki cita rasa manis dan gurih ini dibuat dengan adonan tepung beras yang diolah dengan gula merah dan santan. 

Sebagai pelengkap, Batun Bedil diberi taburan kelapa parut, sehingga rasanya benar-benar gurih ketika disantap. Sekilas, penampilan Batun Bedil mirip bubur candil, jajanan tradisional khas Jawa Tengah. 

Pembuatan

Proses pembuatan Batun Bedil cukup sederhana. Untuk isian dibuat dari campuran tepung ketan, tepung beras, dan tepung kanji yang diaduk dengan air. Setelah kalis, adonan dibentuk menjadi bulatan pipih, agak cekung tengahnya dan direbus.

Untuk bahan kuah, campurkan gula merah, santan, garam, dan daun pandan. Aduk rata dan masak hingga mendidih. Selanjutnya, masukkan larutan tepung beras, aduk hingga rata. Setelah itu, bulatan adonan kemudian dimasak bersama saus ini. 

Tahap terakhir adalah membuat bahan taburan. Campurkan garam dan kelapa parut, aduk hingga rata, kemudian kukus selama 15 menit. Angkat lalu sisihkan. Batun Bedil siap disantap. 

Nama Batun Bedil diambil dari bentuk adonan ketan yang dibentuk menyerupai biji peluru yang ujungnya berbentuk bulat pipih. Secara harafiah, mengutip Detikfood, Batun Bedil artinya “biji peluru”. 

Tepung ketan, bahan dasar Batun Bedil, terbuat dari beras ketan putih yang mengandung protein tinggi.

Dilansir Sehatq, pada 100 gram beras ketan putih mengandung nutrisi-nutrisi penting antara lain: 97 gram kalori; 2,02 gram protein; 0,19 gram lemak; 21,09 gram karbohidrat, 1 gram serat; 0,05 gram gula, 2 miligram kalsium, 0,14 miligram zat besi, 5 miligram magnesium, 8 miligram fosfor, 10 miligram kalium, 5 miligram natrium, 0,41 miligram zinc, 0,26 miligram mangan, 5,6 miligram selenium.

Jika dilihat dari kandungan nutrisinya, beras ketan putih kaya akan zat mineral yang penting untuk tubuh kita.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button