Desember 2020Media Utama

Kaleidoskop Februari

Pemulangan WNI dari Wuhan

Terkait pandemi yang disebabkan virus corona baru di Wuhan, China, pada Sabtu (1/2/2020) pemerintah menjemput warga negara Indonesia (WNI) yang saat itu masih berada di Wuhan

Tim penjemputan sebanyak 42 orang, yang merupakan perwakilan dari Kementerian Kesehatan, Kementerian Luar Negeri, TNI, dan kru maskapai Batik Air diberangkatkan dari Terminal 1 Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto mengatakan, WNI yang pulang sudah dilakukan skrining dan dipastikan sehat.

“Nantinya, WNI yang dievakuasi langsung dilakukan transit observation sesuai protokol kesehatan WHO,” kata Menkes dikutip dari rilis Kemenkes.

Informasi awal, jumlah WNI yang pulang ke Indonesia tercatat sebanyak 245 orang. Namun, jumlah yang tiba di Indonesia ada 238 orang, 4 orang mengundurkan diri karena lebih nyaman tinggal di sana, sisanya 3 orang tidak lolos skrining oleh pemerintah China.

“Jadi, pemerintah China harus menyesuaikan standar WHO, jadi tidak boleh memberangkatkan siapa pun (jika tidak lolos skrining),” ujar Menkes.

WNI yang dievakuasi dari Wuhan selanjutnya diisolasi di pangkalan militer yang terletak di Natuna, Kepulauan Riau. Pangkalan tersebut mampu menampung 300 orang. Jarak ke rumah penduduk sekitar 5 hingga 6 km.

1 2 3Laman berikutnya

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *