Januari 2021Serba Serbi

Asal-Usul Inovasi Wadah Es Krim Cone Yang Bisa Dimakan

Berbicara tentang es krim cone, maka yang ada di bayangan kita tentu rasanya yang manis, dingin, tekstur lembut, warna putih dan enak tentunya. Namun, tahukah kita kalau es krim cone punya cerita asal usul yang akhirnya bisa sampai dikenal dan digemari masyarakat dari berbagai kalangan hingga kini.

Dilansir dari laman akurat.co, wadah es krim yang bisa dimakan pertama kali ditemukan oleh orang Italia yang bermukim di New York bernama Italo Marchiony. Marchiony membuat wadah es krim yang bisa dimakan berbentuk mangkuk pada tahun 1896, dan mempatenkannya pada tahun 1903. Walau Marchiony merupakan orang pertama yang menemukan wadah es krim yang bisa dimakan, namun es krim cone sebenarnya ditemukan oleh imigran keturunan Suriah bernama Ernest Hamwi.

Hamwi merupakan salah satu pedagang wafel di Pasar Raya St. Louis, Missouri, Amerika Serikat saat itu. Hamwi bersebelahan jualan dengan pedagang es krim. Suatu hari, penjual es krim di sebelahnya kehabisan wadah saji, dan Hamwi menawarkan untuk membuat wadah dari adonan wafelnya. Setelah dimasak beberapa waktu, adonan wafel ini kemudian digulung membentuk kerucut dan mengeras setelah beberapa detik. Wadah kerucut kemudian digunakan sebagai wadah es krim. Hingga akhirnya, wafel cone jadi salah satu penemuan makanan yang paling penting dalam sejarah Amerika.

Penemu Lainnya

Usai acara Pasar Raya St. Louis selesai, Hamwi menjual penemuannya ke J.P Heckle dan membantunya membangun perusahaan wafel Cornucopia. Tahun 1910 Hamwi membuka perusahaan sendiri yaitu Missouri Cone Company.

Hamwi bukan satu-satunya yang tercatat sebagai penemu contong es krim. Sejarah juga mencatat sejumlah nama seperti Charles E. Menches, Abe Doumar, Albert dan Nick Kabbaz, Arnold Fornachou, dan David Avayou, sebagai penemu contong yang bisa dimakan. Uniknya, mereka semua sama-sama membuat cone dan menjualnya di Pasar Raya St. Louis di tahun 1904.

David Avayou adalah pengusaha Turki yang memiliki beberapa toko es krim di New Jersey. Idenya membuat cone yang bisa dimakan terinspirasi dari Prancis. Setelah pasar raya usai, Avayou pergi ke Philadhelpia dan membuka  perusahaannya sendiri.

Selain Avayou, juga ada Charles dan Frank Robert Menches. Dua bersaudara asal St. Louis ini mengelola toko es krim di Midwest. Mereka mengatakan di pasar raya ada seorang wanita mengambil satu lapis wafel panggang dan menggulungnya jadi wadah es krim agar lebih efisien.

Dari situlah mereka memiliki ide untuk menggulung wafel yang masih panas agar saat sudah dingin, wafel itu bisa dipegang saat makan es krim. Begitu pasar raya usai, kedua bersaudara itu meluncurkan bisnis mereka sendiri bernama Premium Ice Cream Cone and Candy Company di Ohio.

Meskipun paten wadah es krim yang bisa dimakan sudah diberikan pada Marchiony di tahun 1904, Hamwi berhasil disebut secara resmi sebagai pembuat es krim cone pertama. The International Association of Ice Cream Manufacturers memberikan Hamwi gelar tersebut pada tahun 1950-an.

Ferri Satriyani

Penyuka fotografi serta Penikmat film dan serial

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *