Isi PiringkuJanuari 2021

Kenikmatan Gohu Tuna ‘Sashimi’ Indonesia

Nama sashimi mungkin terdengar tak asing di telinga masyarakat sebagai salah satu makanan khas dari negeri sakura Jepang. Namun, tahukah Anda kalau makanan berbahan dari daging ikan ini juga ada di Indonesia. Sashimi dengan kearifan lokal ini dibuat dari bahan ikan tuna atau bisa juga dari ikan salmon. Rasa dan gizinya pun tak kalah dengan sashimi versi Jepang. 

Dikutip dari laman panganku, sebagai negara martim, Indonesia tentu kaya akan santapan nusantara yang berasal dari bahan daging ikan. Tiap daerah memiliki kuliner-kuliner dengan pengolahan ikan yang khas. Masyarakat masing-masing menyajikan masakan dengan bumbu-bumbu khas yang ada di daerahnya baik dengan dibakar, digoreng, dikukus, diasap, diasinkan, dan bahkan dimakan dengan mentah. 

Masakan dengan bahan dasar ikan mentah bisa kita temui di beberapa wilayah Indonesia salah satunya gohu tuna. Menu tersebut banyak ditemukan di daerah Bitung, Sulawesi Utara dan Ternate, Maluku Utara. Jika sashimi menggunakan saus cocolan dari washabi (sejenis umbi yang mengeluarkan sensasi pedas), maka gohu tuna menggunakan rica atau cabai, perasan jeruk nipis dan potongan kacang kenari atau kacang tanah.  Terdengar lezat bukan? Yuk kita simak resep dan kandungan nutrisi dari sashimi kearifan lokal ini!

Kebaikan Ikan Tuna

Gohu tuna dapat dikategorikan sebagai makanan yang menyehatkan karena minim proses pengolahan. Ikan adalah sumber protein hewani yang mudah didapatkan. Ikan tuna, selain enak dan harganya murah, juga membawa banyak kebaikan karena kandungan nutrisi didalamnya. Merujuk situs Kementerian Perikanan dan Kelautan, ikan tuna mengandung nutrisi, protein dan omega 3 yang lebih tinggi daripada daging ayam dan sapi untuk menjaga kolesterol dan jantung. Adapun kandungan vitamin pada ikan tuna yaitu vitamin A, D, B6 dan B12. Selain itu juga terkandung mineral yang baik untuk tubuh. Ikan tuna yang hidup di perairan Indonesia adalah jenis madidihang/yellowfin tuna, tuna sirip biru/bluefin tuna, tuna mata besar/big eye Tuna, cakalang/skipjack tuna, dan alkbakora/albacore

Gohu tuna sendiri terdiri dari berbagai variasi resep. Untuk cocolannya, tidak semua diracik dengan rasa pedas tapi ada juga yang manis karena menggunakan kecap manis dan ada yang asam karena menggunakan perasan air jeruk.  Bagi yang ingin mencoba masakan gohu ikan tuna, berikut resep mudahnya yang dikutip dari situs primarasa:

GOHU IKAN TUNA

Bahan – bahan:

  • 250 gram fillet ikan tuna segar
  • 2 sendok air jeruk lemon cui/jeruk nipis
  • 1 sendok teh garam
  • 50 gram rdaun kemangi
  • 10 buah cabai rawit, iris kasar
  • 10 butir bawang merah, iris-iris
  • 2 sendok makan kenari sangrai atau kacang tanah, tumbuk kasar
  • 5 sendok makan goreng, panaskan

Cara membuat:

  • Pertama, Cuci ikan lalu potong bentuk kotak seukuran. Untuk mengurangi amis,  lumuri dengan air jeruk dan garam, sisihkan sebentar.
  • Selanjutnya Iris daun kemangi kasar-kasar, aduk bersama cabai rawit, bawang merah, dan kenari yang sudah di cincang.
  • Lalu campurkan potongan ikan bersama campuran bahan, aduk hingga rata. Lalu masukkan minyak panas ke dalamnya, aduk rata.
  • Pindahkan gohu ke dalam wadah saji, hidangkan segera

Informasi Gizi Ikan Skipjack Tuna / Cakalang 

Komposisi gizi pangan dihitung per 100 gram dengan Berat Dapat Dimakan (BDD) 

Air (Water) : 73.0 g
Energi (Energy) : 107 Kal
Protein (Protein) : 19.6 g
Lemak (Fat) : 0.7 g
Karbohidrat (CHO) : 5.5 g
Serat (Fibre) : 0.0 g
Abu (ASH) : 1.2 g
Kalsium (Ca) : 23 mg
Fosfor (P) : 242 mg
Besi (Fe) : 2.9 mg
Natrium (Na) : 66 mg
Kalium (K) : 239.0 mg
Tembaga (Cu) : 0.20 mg
Seng (Zn) : 0.6 mg
Retinol (Vit. A) : 386 mcg
Beta-Karoten (Carotenes) : 0 mcg
  
Thiamin (Vit. B1) : 0.17 mg
Riboflavin (Vit. B2) : 0.05 mg
Niasin (Niacin) : 21.7 mg
Vitamin C (Vit. C) : 0 mg
  

Rasa ikan tuna mentah nan manis dan empuk berpadu dengan asam pedas irisan cabai dan jeruk nipis. Hmm sungguh membuat lidah bergoyang…  

Utami Widyasih

Abdi Negara, Ibu satu anak, Gemar memasak

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button