Januari 2021Referensi Film

Pesan-Pesan Ke Langit Malam

Film fiksi ilmiah The Midnight Sky kembali mengangkat akting George Clooney. Kisah tentang astronom tua di bumi poranda dan harapan pada sebuah pesawat luar angkasa.

Ketika matahari kembali ke Lingkaran Arktik, cahayanya menyiram wajah Augustine Lofthouse (George Clooney), yang sudah berbulan-bulan tak merasakannya. Astronom tua itu berdiri di luar observatorium Barbeau di Kutub Utara yang kini kosong. Dia kini satu-satunya penghuninya. Selusin ilmuwan lain sudah diangkut pesawat Angkatan Udara Amerika Serikat setahun yang lalu. Saat itu dia menolak ikut. Dia ingin mengabdi di kutub dan juga menyadari hidupnya sudah tak lama lagi. Dia menderita sakit berat dan bergantung pada hemodialisis.

Film fiksi ilmiah The Midnight Sky ini diadaptasi dari novel Good Morning, Midnight karya Lily Brooks-Dalton yang mengambil latar Bumi pada tahun 2049. Ini bukan bumi yang dikenal selama ini. Sebuah bencana alam besar tak dikenal menyapu hampir seluruh penduduk bumi. Planet ini tak bisa lagi dihuni manusia karena dilingkupi radiasi.

Augustine bertahan di observatorium itu untuk mengirim pesan ke misi antariksa tentang kondisi bumi. Di komputer dia hanya menemukan satu yang tersisa: pesawat luas angkasa Aether, yang sedang dalam perjalanan pulang dari eksplorasi ke K-23, bulan planet Yupiter yang bisa dihuni manusia. Mereka adalah Sully (Felicity Jones), Tom Adewole (David Oyelowo), Mitchell (Kyle Chandler), dan Maya (Tiffany Boone).

Ia berusaha untuk mengingatkan para astronot agar tidak usah pulang dan tetap tinggal di sana untuk mulai membangun peradaban baru. Tapi, rencana itu tak mudah. Mereka putus kontak dengan Bumi. Augustine terus berusaha menghubungi Sully dan timnya, yang tidak tahu apa yang telah terjadi di Bumi, tapi antena di observatorium itu tampaknya terlalu lemah untuk menjangkau mereka.

Agustine percaya jika dia mungkin orang terakhir di Bumi. Namun, pada suatu hari, dia bertemu dengan seorang gadis kecil bernama Iris (Caoilinn Springall) di sebuah pangkalan riset. Iris tidak berbicara. Anak itu berkomunikasi dengan menggambar di buku gambarnya. Identitas Iris baru terungkap nanti menjelang akhir film.

Ada dua alur dalam film ini. Yang pertama tentang Augustine dan usahanya untuk mencari pangkalan riset lain yang memungkinkan dia menghubungi Sully. Dia bersama Iris mengendarai mobil salju yang susah payah menembus badai salju. Alur kedua berfokus pada perjalanan Sully dan astronot lain di Aether yang berusaha pulang ke Bumi.

Kedua alur mulai bertemu ketika Augustine berhasil mengontak Sully tapi komunikasi mereka putus lagi karena kapal antariksa itu dihantam meteor. Sully, yang sedang hamil, dan pacarnya, Adewole, bersama teknisi Maya keluar pesawat untuk memperbaiki radar mereka yang rusak. Tapi, meteor kembali menghantam pesawat itu.

Drama di Bumi dan di Aether berjalan paralel. Penonton akan diajak bolak-balik mengikuti perjuangan mereka.

Meskipun ini film fiksi ilmiah, unsur dramanya lebih dominan. Hal ini mengingatkan kita pada film semacam The Martian. Meskipun demikian, film ini tidaklah membosankan dari segi sinematik. Akting George Clooney dan Felicity Jones juga memikat. Pelan-pelan hubungan keduanya terkuak, termasuk siapa sebenarnya Iris.

The Midnight Sky merupakan film yang lebih bersifat personal dan sempit karena lebih berfokus pada masalah pribadi yang dihadapi beberapa karakter dibanding soal bencana yang dihadapi dan bagaimana para karakter menghadapi masalah tersebut. Hal ini tak lepas dari pengaruh novelnya yang memang berfokus pada berbagai hubungan pribadi di antara para tokoh.

Nilai yang secara jelas dapat kita ambil dari ini adalah agar kita selalu percaya akan kebaikan yang kita lakukan. Meski dunia ini kejam, percayalah untuk selalu menebar benih kebaikan layaknya Augustine yang terus berusaha memberi tahu awak kapal, meskipun dirinya sudah tua, lemah, dan tinggal di planet yang hampir punah.

  • Judul: The Midnight Sky
  • Sutradara : George Clooney
  • Produser : Grant Heslov, George Clooney, Keith Redmon, Bard Dorros, Cliff Roberts
  • Skenario: Lily Brooks-Dalton, Mark L. Smith
  • Pemeran : George Clooney, Felicity Jones, David Oyelowo, Tiffany Boone, Demián Bichir, Kyle Chandler, Caoilinn Springall
  • Produksi : Smokehouse Pictures, Anonymous Content
  • Distributor : Netflix Original
  • Tanggal rilis : 23 Desember 2020
  • Durasi : 118 menit

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *