Info SehatJanuari 2021

Sarapan Alternatif Dengan Muesli

Sarapan yang bergizi akan memberikan hasil positif pada kualitas diet, asupan mikronutrien, berat badan, dan gaya hidup. Hasil penelitian Katie Adolphus dan tim dari University of Leeds, Inggris, yang dipublikasikan di jurnal Frontiers in Human Neuroscience pada 2013, misalnya, menemukan bahwa kualitas kebiasaan sarapan, yang menyediakan variasi kelompok makanan yang lebih banyak dan energi yang cukup, berdampak positif pada kinerja dan prestasi anak dan orang dewasa di sekolah dan akademi.

Banyak pilihan menu sarapan yang sehat. Pecinta aneka makanan sereal dari biji-bijian tentu tidaklah asing dengan oat dan granola yang kaya akan serat yang baik bagi tubuh. Selain dua makanan tersebut, ada juga muesli, yang terkenal akan manfaatnya yang baik bagi sistem pencernaan.

Apa itu muesli

Muesli bukan makanan tradisional. Nama “muesli” diturunkan dari dialek dalam bahasa Jerman yang berarti “kombinasi”. Menurut buku An Uncommon History of Common Things Volume 2 yang diterbitkan oleh National Geographic Society, muesli diciptakan oleh Maximilian Bircher-Brenner, dokter di Swiss pada abad ke-20. Ia membuat menu itu khusus untuk pasien di kliniknya. Untuk mempertahankan nutrisinya, semua makanan dikonsumsi mentah. Maximilian membuat makanan tanpa pemanis yang terdiri dari apel, kacang, dan oat kering yang direndam dalam susu atau krim.

Muesli berbeda dari granola, yang diciptakan orang Amerika pada 1890-an dan mengandung isi yang mirip. Tak seperti muesli, granola diberi pemanis, dipanggang, dan sering dimakan kering.

Resep muesli sekarang tak jauh berbeda dari jaman Maximilian. Ia biasanya  merupakan campuran dari oat, kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah kering. Menurut Hello Sehat, buah yang dipakai umumnya adalah kurma, cranberry, anggur, aprikot, dan ceri.

Manfaat muesli

Manfaat yang terkandung dalam muesli cukup  banyak. Salah satunya adalah ia dapat membantu sistem pencernaan kita. Manfaat lain dari mengkonsumsi muesli, menurut Alodokter, antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Kenyang lebih lama

Keuntungan muesli yang paling popular adalah menurunkan berat badan. Menurut situs Mishry, muesli kaya akan serat dan protein yang menjadi aspek paling penting dalam penurunan berat badan yang sehat. Satu mangkuk muesli di pagi hari akan membuat perut kenyang dan Anda bersemangat. Bahan-bahan makan dalam muesli butuh waktu lama untuk dicerna sehingga membantu perut terasa lebih kenyang lebih lama juga. Dengan perut yang terasa lebih kenyang, maka porsi makan akan berkurang sehingga berperan dalam menurunkan berat badan Anda.

  1. Kesehatan jantung

Konsumsi muesli secara teratur akan membantu tubuh dalam menjaga kadar kolesterol dalam darah. Banyak penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi muesli dalam jumlah yang sesuai dapat menurunkan kolesterol jahat karena muesli memiliki kandungan beta glucan, yang berperan dalam mengendalikan kadar gula darah dan dapat mengurangi risiko kanker.

1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *