Februari 2021Referensi Film

Cara Joe Menemukan Jalan Hidup

Jalan hidup tampaknya memang tak selalu bisa ditebak. Itu barangkali yang dapat menggambarkan perjalanan Joe Gardner (Jamie Foxx). Lelaki Afrika-Amerika paruh baya dengan perut buncit dan rambut yang mulai memutih tapi masih terobsesi menjadi menjadi pianis jazz terkenal. Tapi, nasib membawanya ke sebuah sekolah menengah reyot di New York. Joe menjadi guru musik paruh waktu dan memimpin sebuah grup musik kecil di sekolah itu.

Kabar baik menghampiri ketika dia ditawarkan untuk menjadi guru tetap dengan berbagai fasilitas menggiurkan, seperti asuransi kesehatan, uang pensiun, dan lain-lain. Namun, Joe masih ragu akan mengambil tawaran itu karena masih berharap dapat mewujudkan mimpinya sebagai pianis. Ibunya (Phylicia Rashad) ingin sekali jika sang putra menjadi guru tetap agar hidupnya terjamin karena ia khawatir anaknya akan bernasib sama seperti ayahnya jika menjadi seorang musisi.

Di saat yang bersamaan, Joe dihubungi oleh mantan muridnya (Questlove), yang sekarang menjadi drummer untuk Dorothea Williams (Angela Bassett), pemain saksofon jazz terkenal. Joe ditawari untuk mengisi posisi pemain piano kombo dalam pertunjukan Williams. Tak mau menyia-nyiakan kesempatan ini, Joe menerima tawaran tersebut.

Kesuksesan audisi Joe adalah momen terbaik dalam hidupnya tapi juga yang terakhir. Dalam suasana hati yang begitu girang , Joe melangkah linglung melalui jalan-jalan kota. Dia tidak menyadari bahwa dia nyaris tertimpa batu bata yang jatuh, terinjak kulit pisang yang berserakan, dan bus yang melaju kencang hingga akhirnya dia terporosok ke dalam lubang menuju alam baka.

Babak kedua hidup Joe dimulai di sini. Ia kini berada di The Great Beyond, tempat jiwa-jiwa orang yang akan meninggal. Belum bisa menerima bahwa dirinya akan meninggal, Joe lantas mencari jalan untuk kembali ke bumi. Bukannya menemukan jalan pulang, jiwa Joe malah tersesat masuk ke alam The Great Before, tempat jiwa-jiwa orang yang akan lahir. The Great Before merupakan tempat para jiwa mengembangkan kepribadian dan sifat-sifatnya sebelum dikirim ke bumi.

Di sini, Joe bertemu dengan jiwa nomor 22 (Tina Fey). Jiwa 22 sudah bertahun-tahun gagal lahir ke bumi karena selalu berpikir buruk tentang kehidupan dan merasa tidak memiliki alasan untuk terlahir ke bumi. Joe dan 22 mengikuti beragam pelatihan sebelum akhirnya dikirim ke bumi.

Mereka lalu bertemu dengan Moonwind (Graham Norton), yang membantu Joe kembali ke tubuhnya. Tidak mendengarkan aba-aba dari Moonwind, Joe dengan bersemangat melompat kembali ke bumi dan tanpa sengaja membawa 22. Akibatnya, jiwa 22 memasuki tubuh Joe dan jiwa Joe berakhir di tubuh kucing.

Walau jiwanya berada di dalam kucing, Joe senang bisa kembali ke bumi. Paling tidak dia bisa mengusahakan dirinya untuk tetap tampil bersama Dorothea Williams. Dia menuntun 22 untuk melakukan persiapan-persiapan sebelum tampil sembari mencari Moonwind untuk mengembalikan jiwanya ke tubuhnya.

Awalnya, 22 kikuk saat harus berada dalam tubuh Joe. Namun, setelah belajar tentang hal-hal kecil dalam hidup, ia menemukan kenikmatan yang luar biasa. Pandangannya tentang bumi menjadi berubah. Bahkan, 22 menolak untuk mengembalikan tubuhnya ke Joe.

Sementara itu, Terry (Rachel House), seorang akuntan yang ditunjuk untuk menghitung jiwa menuju ke Great Beyond, menemukan ada yang kurang. Dia menuju ke bumi untuk mengembalikan jiwa yang hilang. Terry meyakini jiwa yang hilang itu adalah Joe.

1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *