Februari 2021Isi Piringku

Rujak Aceh, Kudapan Kaya Serat

Selain segar, rujak Aceh juga mengandung berbagai vitamin, kalsium, kalium dan kaya akan serat. Rujak Aceh ini bisa menjadi alternatif cara makan buah dengan perpaduan bumbu lain sehingga tubuh kita tetap sehat.

Siapa suka rujak? Kudapan ringan dari aneka buah ini menjadi favorit setiap kalangan. Rujak sangat cocok dinikmati siang hari ketika matahari sedang cerah-cerahnya. Sensasi rasa asam, manis, dan pedas dari kuah rujak, berpadu dengan segarnya buah-buahan mampu membuat air liur menetes seketika. 

Rujak merupakan panganan yang mudah ditemui di berbagai daerah di Indonesia. Jenis rujak juga cukup bervariasi, ada rujak serut, rujak tumbuk hingga yang umum yaitu rujak potong. Saus atau kuah rujak pada umumnya berisi campuran gula merah, kacang dan cabai yang dihaluskan, yang menghasilkan saus yang cukup pekat. 

Namun ternyata ada jenis rujak yang cukup unik, karena sausnya terbuat dari saus buah yaitu mangga kuweni yang dihaluskan. Ya, itulah rujak kuweni atau sering juga disebut dengan rujak aceh. Asal muasal rujak ini masih belum diketahui secara pasti namun rujak ini cukup terkenal di kota Medan. 

Kandungan Gizi Rujak Aceh

Ternyata selain menyegarkan, rujak merupakan hidangan yang kaya akan serat dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Hal ini dikarenakan rujak menggunakan berbagai jenis buah segar. Rujak dapat menjadi alternatif untuk menikmati buah dengan cara yang menyenangkan. Nutrisionis Ahli Muda Direktorat Gizi Kemenkes, Dewi Astuti, S.Gz, MKM mengatakan rujak mengandung zat gizi yang penting bagi tubuh. Berikut beberapa kandungannya:

  1. Vitamin A

Vitamin A dalam bentuk beta karoten dan karoten pada rujak aceh bersumber dari pepaya, mangga kuweni dan jambu air. Vitamin A selain fungsi utamanya pada kesehatan mata juga sangat berperan dalam kerja sistem imun, dan pencegahan penyakit kanker serta jantung. 

2. Vitamin C

Kandungan vitamin C dalam rujak aceh bersumber dari pepaya, mangga kuweni dan aneka buah lainnya. Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang berperan besar, mengoptimalkan imunitas tubuh. Vitamin C juga memiliki peran penting dalam pembentukkan kolagen, sehingga membantu proses penyembuhan luka. Selain itu vitamin C mempunyai aktivitas antioksidan yang kuat yang berperan melindungi tubuh dari keadaan stres oksidatif sehingga menurunkan risiko kejadian penyakit tidak menular seperti penyakit kardiovaskular, hipertensi, inflamasi kronis dan diabetes. 

3. Kalsium

Kalsium dalam rujak aceh berasal dari aneka buah yang digunakan seperti nanas, timun, dan pepaya. Kalsium dikenal dengan fungsinya dalam pembentukan tulang dan gigi. Namun tidak hanya itu, kalsium juga merupakan komponen penting dalam cairan tubuh yang berperan dalam regulasi kontraksi otot, pembekuan darah, bahkan transmisi saraf. Kalsium juga melindungi tubuh dari penyakit hipertensi. 

4. Kalium 

Kalium dalam rujak aceh, bersumber dari aneka buah yang digunakan dan mangga kuweni. Kalium adalah salah satu jenis elektrolit yang berperan dalam menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Tidak hanya itu, kalium juga berperan menjaga kesehatan jantung, memelihara fungsi saraf dan mencegah kram otot.

1 2Laman berikutnya

Utami Widyasih

Abdi Negara, Ibu satu anak, Gemar memasak

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *