April 2021Serba Serbi

Aplikasi Ini Memudahkan Ibadah Di Bulan Ramadan

Memasuki bulan Ramadan, umat muslim biasanya mengisi waktu luang saat berpuasa dengan memperbanyak ibadah dan melakukan kegiatan positif lainnya. Dengan kemajuan teknologi yang semakin cepat dan canggih, banyak aplikasi pada ponsel pintar yang bisa membantu dan menunjang kegiatan ibadah seperti yang terangkum berikut ini:

1. Muslim Pro

Aplikasi Muslim Pro cukup populer di Google Play Store, dan telah diunduh lebih dari 50 juta kali dan mendapat penilaian rata-rata 4,1 bintang. Aplikasi ini memiliki fitur yang lengkap, seperti dilansir dari laman tekno.kompas.com, dalam aplikasi ini tedapat fitur jadwal waktu salat dengan penanda waktu azan, penunjuk arah kiblat, Al-Quran 30 juz lengkap dengan fonetik, terjemahan dan resitasi audio. Aplikasi ini bahkan menyediakan fitur kalender hijriah, serta peta untuk menemukan masjid dan rumah makan halal.

2. Zakat Calculator

Dengan menggunakan aplikasi ini, kita dapat menghitung zakat harta yang wajib yang kita keluarkan tiap tahun. Aplikasi ini telah diunduh oleh 50 juta lebih pengguna dengan penilaian rata-rata 4,1 bintang. Masih dalam laman tekno.kompas.com dijelaskan, selain memiliki perhitungan zakat yang akurat, informasi hitungan zakat yang tersediapun cukup beragam, mulai dari zakat fitrah, zakat harta, zakat profesi, zakat emas, dan zakat properti.

3. Quran for Android

Aplikasi Quran for Android memudahkan kita untuk membaca Al Quran dimanapun dan kapanpun. Dilansir dari kumparan.com, kelebihan aplikasi ini adalah tidak membutuhkan sistem android yang besar untuk mengoperasikannya. Di Play store sendiri, aplikasi ini telah diunduh sebanyak 10 juta kali dengan penilaian rata-rata 4,8 bintang dari 572 ribu penilai.

4. Marbel Panduan Puasa Ramadan

Bagi orangtua yang sedang melatih anak berpuasa, aplikasi Marbel Panduan Puasa ramadan dapat menjadi salah satu pilihan dalam mencari informasi. Dilansir dari tekno.kompas.com, dalam aplikasi ini terdapat materi informasi yang lengkap, seperti penjelasan tentang puasa, keutamaan bulan Ramadan, amalan apa saja yang bisa dikerjakan selama bulan Ramadan, doa berbuka puasa, niat berpuasa, lengkap dengan narasi suara, tulisan dalam huruf arab dan latin, serta artinya dalam bahasa Indonesia. Aplikasi ini dilengkapi dengan gambar, ilustrasi serta animasi untuk menarik minat anak-anak untuk belajar.  Aplikasi ini telah diunduh sebanyak 50 juta kali, dengan rata-rata penilaian 4,5 bintang.

5. Buku saku Ramadan 2021

Aplikasi ini memuat koleksi doa-doa harian dan zikir yang bisa dipraktekkan selama bulan Ramadan. Terdapat pula kajian dari beberapa ustaz ternama, serta amalan-amalan selama bulan Ramadan dan malam Lailatul Qadar. Melalui aplikasi ini, pengguna dapat memperluas wawasan dan pengetahuan tentang ibadah Ramadan. Aplikasi ini telah diunduh sebanyak 500 kali dengan penilaian rata-rata 4,7 bintang.

Bagi umat Muslim, bulan Ramadan merupakan bulan yang mulia dan sangat ditunggu-tunggu kedatangannya. Kehadiran aplikasi yang memudahkan umat muslim dalam mencari informasi dan wawasan sekitar puasa dan Ramadan, dapat menambah semangat kita dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadan.

Penulis : Ferri Satriyani

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button