Arsip e-MagazineIsi PiringkuJuni 2021

Sensasi Asam Pedas Pecak Betawi

Story Highlights
  • Betawi memiliki hidangan khas bernama Pecak Gurame atau Pecak Betawi. Selain lezat, ternyata juga menyehatkan badan dan imunitas tubuh
  • Pecak Betawi sensasi gurih pedas.

Betawi memiliki hidangan khas bernama Pecak Gurame atau juga kerap disebut sebagai Pecak Betawi. Sesuai dengan namanya, masakan ini berbahan dasar ikan gurame yang digoreng garing kemudian disiram saus atau kuah yang sudah dibumbui. Bumbu yang digunakan terdiri dari bawang merah, bawang putih, jahe, cabai, kunyit, kencur, lengkuas, daun jeruk, serai serta air jeruk limau.

Perpaduan bumbu-bumbu tersebut menjadikan masakan ini memiliki cita rasa yang pedas, gurih, asam dan segar. Pecak gurame cocok disantap dalam suasana dan cuaca apa pun. Hidangan ini bisa menjadi menu sarapan, makan siang ataupun makan malam.

Ada dua versi kuah pecak gurame. Versi pertama, kuah encer, tidak menggunakan santan dan kacang tanah. Sedangkan versi kedua, kuah lebih  kental karena menggunakan santan dan kacang tanah tumbuk. Meski begitu, keduanya memiliki cita rasa yang sama, yaitu pedas, gurih, asam dan segar.

Apabila ikan gurame dirasa cukup mahal, selain gurame, bumbu pecak juga dapat dimasak bersama ikan mas, ataupun ikan lele yang harganya lebih terjangkau. Hidangan khas Betawi memang identik berbahan dasar ikan. Di samping pecak gurame, ada pula Gabus Pucung makanan khas Betawi yang berbahan dasar ikan gabus.

Dikutip dari laman Tempo, Founder Akademi Kuliner Betawi, Fadjriah Nurdiarsih mengatakan masakan otentik Betawi ialah menu Betawi yang berbahan dasar ikan. Kekhususannya ada pada sungai-sungai yang melintasi DKI Jakarta. Hal itu membuat warga Betawi dekat dengan sungai dan air.

Ikan gurame sebagai bahan utama pecak gurame merupakan jenis ikan konsumsi air tawar yang cukup digemari oleh masyarakat. Selain memiliki rasa yang gurih dan daging yang cukup tebal, ikan ini juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Menurut Nutrisionis Muda, Dewi Astuti, S.Gz, MKM, satu porsi ikan gurame atau setara dengan 40 gram ikan segar mengandung 50 Kalori, 7 gram protein dan 2 gram lemak.

Dilansir dari laman organicfacts, ikan gurame sangat kaya akan mineral dan vitamin, terutama fosfor dan vitamin B12, yang dibutuhkan oleh tubuh, serta asam lemak bermanfaat, protein, dan antioksidan yang tinggi. Profil kandungan gizi ini membuat ikan gurame sangat disukai, terlebih bagi orang yang mencari sumber protein yang baik.

Manfaat Ikan Gurame

Berikut adalah beberapa manfaat ikan gurame bagi kesehatan yang dilansir dari laman organicfacts: 

Meningkatkan Kesehatan Jantung. Dengan kadar asam lemak omega-3 yang tinggi, ikan gurame mampu mengurangi resiko penyakit jantung. Dengan meningkatkan keseimbangan omega-3 menjadi omega-6, ikan gurame dapat membantu mengurangi penumpukan plak dan menurunkan risiko aterosklerosis. Ini juga dapat membantu mengurangi tekanan darah, menghilangkan ketegangan pada sistem kardiovaskular, dan menurunkan kemungkinan mengalami serangan jantung atau stroke.

Selain itu, asam lemak omega-3 adalah jenis asam lemak tak jenuh yang berfungsi untuk mengurangi peradangan di tubuh.

1 2Laman berikutnya

Tiska Yumeida

Public Health Nutrition Program Planner at Nutrition Directorate of Ministry of Health

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *