Arsip e-MagazineIsi PiringkuJuni 2021

Sensasi Asam Pedas Pecak Betawi

Story Highlights
  • Betawi memiliki hidangan khas bernama Pecak Gurame atau Pecak Betawi. Selain lezat, ternyata juga menyehatkan badan dan imunitas tubuh
  • Pecak Betawi sensasi gurih pedas.

Meningkatkan Imunitas. Ikan gurame kaya akan seng, dengan lebih dari 10% asupan harian kita dalam satu porsi. Seng adalah mineral penting dalam makanan yang memainkan peran kunci dalam merangsang sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, mengkonsumsi ikan gurame bisa menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

Memperkuat Tulang dan Gigi. Dalam ikan gurame mengandung zat fosfor yang cukup tinggi. Satu porsi ikan gurame mengandung lebih dari 50% asupan harian yang direkomendasikan dari mineral penting ini. Fosfor sangat penting dalam perkembangan dan retensi kepadatan mineral tulang dalam tubuh, dan juga berfungsi sebagai komponen pada gigi kita. Fosfor dapat membantu mencegah kondisi seperti osteoporosis, serta email yang melemah atau rusak.

Memperlambat Penuaan. Ikan gurame mengandung sejumlah zat antioksidan. Salah satu hal terbaik tentang antioksidan adalah efeknya pada penampilan fisik kita. Bagi orang-orang yang mulai memiliki tanda penuaan seperti bintik-bintik, noda, kerutan, atau kulit yang kehilangan elastisitasnya, antioksidan dapat merangsang produksi sel-sel baru yang sehat dan memperlambat proses penuaan.

Menjaga Kesehatan Mata. Ikan Gurame juga mengandung vitamin A. Di dalam vitamin A terdapat Beta-karoten, yaitu provitamin kuat yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh. Secara khusus, beta-karoten berhubungan dengan kesehatan penglihatan dan kekuatan retina. Studi telah meneliti konsumsi ikan gurame dan ikan berminyak lainnya untuk meningkatkan penglihatan dan mengurangi stres oksidatif, mencegah degenerasi makula dan defisiensi penglihatan umum.

Di samping ikan gurame, di dalam bumbu pecak juga mengandung banyak rempah yang juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Misalnya saja jahe, selain berfungsi untuk mengurangi bau amis pada ikan, jahe juga memiliki kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Dikutip dari Healthtline, jahe memiliki khasiat sebagai penguat tubuh. Sudah sejak lama jahe juga digunakan untuk membantu pencernaan, mengurangi mual dan membantu melawan flu.

Kemudian selain jahe ada pula sereh, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, sereh memiliki kandungan beberapa antioksidan.

Antioksidan dapat membantu mengurangi radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyakit. Antioksidan dalam serai adalah asam klorogenat, isoorientin, dan swertiajaponin. Antioksidan ini dapat membantu mencegah disfungsi sel di dalam arteri koroner.

Dewi menambahkan, satu hal yang harus diperhatikan agar gurame yang dimasak selain bergizi dan aman, adalah pemilihan ikan yang benar. Ciri-ciri ikan yang segar dan layak dikonsumsi yaitu: 1) mata ikan yang tampak cerah, jernih dan segar; 2) warna ikan cerah, segar dan tidak kusam; 3) daging ikan bertekstur lembut tetapi cukup kenyal dan kencang; 4) insang berwarna merah segar, bersih serta teksturnya basah; dan 5) bau yang khas segar dan ringan.

Penulis: Faradina Ayu dan Tiska Yumeida

Laman sebelumnya 1 2

Tiska Yumeida

Public Health Nutrition Program Planner at Nutrition Directorate of Ministry of Health

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button