Juli 2021Referensi Film

Potret Seorang Ayah Tunggal

Film Fatherhood menggambarkan upaya seorang pria kulit hitam menjadi orang tua tunggal. Menyentuh, lucu, tapi tidak realistis.

Film ini dibuka dengan sebuah pemakaman. Matthew Logellin (Kevin Hart) berdiri di podium gereja. Kepalanya seperti mengambang dan tampak merasa kalah. “Ini menyebalkan,” kata dia. Kamera lalu berpindah ke rumahnya ketika istrinya, Liz (Deborah Ayorinde), sedang disemayamkan.

Liz baru saja wafat dan Matt, panggilan akrab Logellin, menatap kosong langit-langit kamar tidurnya. Kenangan akan istrinya yang hamil di Boston Memorial Hospital berkelebatan. Dia mendengar penjelasan dokter tentang mengapa Liz harus melahirkan sebulan lebih awal dengan cara bedah caesar.

Meskipun pasangan itu merasa tidak siap tapi mereka yakin karena saling mencintai. Film merekam betapa Liz bahagia sekaligus cemas menghadapi dirinya akan menjadi orang tua baru. Namun, beberapa menit kemudian kabar buruk tiba. Liz kolaps karena embolisme paru. Dokter buru-buru datang memasangkan masker oksigen dan perawat menggiring Matt keluar. “Itu istriku, apa yang salah dengan istriku?” teriak Matt, dari semula marah menjadi putus asa. Ini momen akting penting bagi Hart, yang biasa berperan sebagai komedian.

Di bawah arahan sutradara Paul Weitz (Little Fockers dan About a Boy), film ini mengangkat kembali tema drama klasik Kramer vs. Kramer. Bedanya, Fatherhood berfokus pada keputusan Matt untuk menjadi orang tua tunggal yang membesarkan Maddy (Melody Hurd) sejak bayi. Ia bahkan menolak tawaran ibunya (Thedra Porter) dan mertuanya (Alfre Woodard) agar ia dan Maddy pindah ke rumah mereka.

Membesarkan sendiri seorang anak tentu bukan perkara mudah. Hari-hari Matt berikutnya dipenuhi dengan kerepotan mengasuh Maddy. Sebagai seorang ayah yang tidak berpengalaman, Matt seringkali merasa frustasi. Namun, dia tidak pernah malu untuk belajar dan bahkan sampai mendatangi komunitas yang dihadiri oleh ibu-ibu muda saat dia mengalami kesulitan mengatasi Maddy yang menangis terus menerus. Tapi ada pula berbagai kenyolan alamiah bayi, seperti diaper, bangku mobil, dan stroller yang terbalik.

Maddy tumbuh menjadi anak yang cerdas dan penuh rasa ingin tahu. Namun, karena tidak memiliki ibu sebagai panutan, Maddy menjadi anak yang tomboy dan sering mengalami masalah dengan teman-teman di sekolahnya. Di saat itu, Matt bertemu dengan seorang perempuan bernama Liz juga dan kemudian dekat dengannya. Secara tidak disangka-sangka, Maddy ternyata menerima Liz (DeWanda Wise) dengan senang hati.

Hubungan Matt dan Liz pada mulanya berjalan baik-baik saja. Belakangan datang masalah yang membuat Matt menjauhkan Liz dari kehidupan mereka. Hal ini membuat Maddy sangat marah.

Suatu saat Matt diminta untuk berdinas di Kroasia oleh perusahaannya.  Di tengah kebimbangan, dia menitipkan Maddy di rumah nenek dan kakeknya dan merasa Maddy terlihat lebih bahagia di sana. Matt merasa bahwa dia akan baik-baik saja tanpa Maddy. Tapi, dia salah. Hidupnya justru berantakan saat Maddy tidak berada di sisinya.

Film Fatherhood diambil dari memoar Mathew Logellin, yang menuliskan pengalamannya sebagai ayah tunggal dalam sebuah blog. Catatan itu kemudian ia bukukan sebagai Two Kisses for Maddy : A Memoir of Loss and Love. Bedanya, Logellin adalah pria kulit putih, sedangkan film ini menggambarkan Matt sebagai lelaki kulit hitam. Di Amerika, orang kulit hitam adalah kaum minoritas yang sering mendapat banyak tekanan. Hollywood kadang menyamakan saja kehidupan mereka, tapi penonton dapat menimbang apakah tantangan yang dihadapi Matt itu memang sesuai kenyataan atau rekaan Hollywood saja.

Pada kenyataannya, seluruh film ini dibangun dalam sebuah dunia fantasi semu. Misalkan, Howard (Paul Reiser), bos Matt, menawarkan agar Matt cuti selama enam pekan dan membiarkan Matt membawa Maddy ke kantor. Matt bahkan menggendong Maddy saat sedang memberikan presentasi di sebuah rapat yang sangat penting. Hal-hal semacam itu tampaknya hanya terjadi di dunia fantasi Hollywood demi kepentingan pengadeganan agar penonton dapat menyaksikan bagaimana Matt bisa benar-benar dekat dengan putrinya.

Informasi Film

  • Judul: Fatherhood
  • Genre  : Drama, komedi
  • Durasi  : 109 Menit
  • Sutradara : Paul Weitz
  • Skenario : Paul Weitz, Dana Stevens
  • Produser : Marty Bowen, Kevin Hart, David Beaubaire, Peter Kiernan
  • Rumah Produksi : Columbia Pictures, Bron Creative, Higher Ground Production, Hartbeat Production, Temple Hill Entertainment
  • Pemeran : Kevin Hart, Melody Hurd, Alfre Woodward, Lil Rei Howery
  • Negara Asal : Amerika Serikat
  • Distributor : Netflix Original
  • Tanggal Rilis : 14 Juni 2021

Ferri Satriyani

Penyuka fotografi serta Penikmat film dan serial

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *