ProfilSeptember 2021

dr. Afrizal Hasan, MKM: Jangan Berhenti Berinovasi

Takdir hidup mengarahkannya menjadi seorang dokter. Dengan niat tulus, berbagai program diciptakan demi menyiapkan sumber daya manusia yang siap melayani masyarakat.

Lahir di tengah keluarga yang memiliki disiplin tinggi dan pekerja keras membuat sosok dr. Afrizal Hasan, MKM bercita-cita menjadi seorang tentara. Dengan postur badan mencapai 180 cm dan juga aktif dalam kegiatan Paskibraka serta olahraga voli ketika duduk di bangku SMA, membuat pria kelahiran Dumai, 44 tahun lalu ini tampak akan dapat mewujudkan cita-citanya. 

Namun, sebuah peristiwa yang dialami oleh sang Ibu, membuat Afrizal berpikir untuk mengubah cita-citanya. Suatu ketika sang ibu jatuh dari motor dan tangannya terluka kemudian dibawa ke rumah sakit. Namun pelayanan di rumah sakit tersebut tidak sesuai dengan harapan Afrizal.

“Pelayanannya tidak begitu baik. Jadi ibu saya bilang, kamu jadi dokter ajalah nanti ya. Lihat nanti lah ma. Saya jawab. Jadi mulai ada muncul keinginan (menjadi dokter),” kisah anak kedua dari tiga bersaudara ini kepada Mediakom, 7 September 2021. 

Setamat SMA, Afrizal sempat mendaftar menjadi calon tentara namun nasib berkata lain, dirinya tidak diterima. Sebagai anak laki-laki satunya di keluarga, orang tua Afrizal sempat menawarkan kepadanya untuk membuka usaha, tetapi dirinya menolak dengan halus dan menyatakan ingin kuliah di Fakultas Kedokteran. Pilihan jatuh di Fakultas Kedokteran di Universitas Baiturrahman, Sumatera Barat. Akan tetapi, di tahun kedua ayah dua orang anak ini memutuskan pindah ke Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara.

Butuh delapan tahun bagi Afrizal untuk menamatkan pendidikan sebagai seseorang dokter. Namun hal ini tidak menghambatnya untuk dapat berkarir. Karirnya sebagai seorang dokter dimulai saat menjadi dokter rumah sakit swasta. Merasa terpanggil untuk mengabdi ke masyarakat, Afrizal kemudian memutuskan untuk melamar sebagai dokter honorer di sebuah Puskesmas di Sumatera Barat hingga akhirnya ia diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).

1 2 3Laman berikutnya

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button