LenteraSeptember 2021

Setiap Orang Bisa Sukses (5 Tips)

Setiap orang punya jalan untuk sukses. 5 Tips ini siapa tahu bisa membantu Anda menuju jalan kesuksesan yang diharapkan.

Sukses menjadi dambaan semua orang. Banyak cara untuk sukses, antara lain selalu bersyukur, mudah move on dan memaafkan, selalu memancarkan energi positif, suka mendiskusikan ide dan suka berbagi kemenangan. 

Bejo (42), seorang penjahit yang mengaku tetap bersyukur walau omset jahitan turun hingga sisa 30% saja di kantong selama masa pandemi COVID-19 ini. Sebelumnya, Bejo bisa menghasilkan rata-rata perhari Rp 200 ribu bersih, kini hanya menyisakan Rp 50.000-60.000 ribu perharinya. Itu pun terpenuhi dengan adanya pakaian seragam sekolah. Sebagian besar anak sekolah akan mengecilkan seragam baru agar lebih pas waktu dipakai atau menjahit atribut sekolah pada pakaian seragam. Setelah musim ajaran baru berlalu, konsumen berlanjut sepi, hari-hari hanya 1 atau 2 orang yang menyerahkan pakaian untuk diperbaiki. 

Penghasilan seperti sekarang ini, masih jauh dari mencukupi untuk memenuhi kebutuhan sekolah anak, bayar kontrakan dan operasional sehari-hari. Sekalipun demikian, Bejo tetap bersyukur.

“Dalam situasi seperti sekarang ini, kalau masih sehat, bisa makan untuk bertahan hidup itu sudah berkehidupan mewah, meskipun masih belum bisa bayar kontrakan tepat waktu. Alhamdulillah, pemilik kontrakan memberi kelonggaran, kapan bisa melunasi. Yang penting jelas tanggalnya dan tepat janji. Saya berusaha tepati janji, sehingga pemilik kontrakan percaya,” ujar Bejo di kios jahitnya di pinggiran Kabupaten Bekasi kepada Mediakom.

Di tengah sulitnya hidup dan impitan ekonomi, akan menguji manusia, apakah mereka menjadi pribadi sukses atau tidak sukses. Mengutip dari Great Big Minds, tentang karakter orang yang bisa sukses, antara lain.

Pertama, orang sukses menunjukkan rasa syukur dan tidak segan memuji orang lain. Sesulit apapun, seberat apapun, beban hidup, tak membuatnya kecewa dan putus asa. Ia tetap bersyukur dan menatap masa depan dengan optimisme. Ia pun tak berharap solusi instan. Mereka mampu menikmati proses perjalan panjang menuju sukses, bukan orang yang cepat nyerah dan putus asa dikala ada kendala.  Orang sukes juga mudah memuji orang lain atas prestasi sekecil apapun, kemudian Ia belajar atas prestasi yang telah dicapai orang lain. Merekapun tidak kikir menyampaikan dan mengajarkan keberhasilannya pada orang lain, baik diminta atau tidak diminta.

1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button