Media UtamaOktober 2021

Saat Pandemi Mengganggu Jiwa

Masalah kesehatan jiwa, kata Argo, dapat diatasi dengan berbagai cara, seperti bercerita kepada orang-orang yang dipercaya, seperti orang tua, kakak, adik, sahabat, atau bisa juga datang kepada ahlinya. Namun, jika tidak terbiasa bercerita, bisa juga dengan mengekspresikan perasaan melalui tulisan, seperti menulis catatan harian, jurnal, atau mewarnai gambar.

Agar terhindar dari masalah kesehatan jiwa di masa pandemi COVID-19, Pusat Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC) memberikan beberapa saran sebagai berikut:

1. Mengurangi konsumsi informasi tentang pandemi

Kurangi intensitas menonton, membaca, atau mendengarkan berita, termasuk yang ada di media sosial. Pertimbangkan untuk membatasi berita hanya beberapa kali sehari.

2. Jaga kesehatan tubuh

Menjaga kesehatan tubuh dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan mengandung gizi seimbang, berolahraga secara teratur, tidur yang cukup, serta hindari rokok dan alkohol.

3. Luangkan waktu untuk bersantai

Cobalah meluangkan waktu untuk melakukan beberapa aktivitas yang disukai, seperti memasak, berkebun, atau menonton film.

4. Menjaga interaksi sosial

Bicaralah dengan orang yang Anda percaya tentang kekhawatiran Anda dan bagaimana perasaan Anda. Meski tidak bisa bertemu langsung, bersosialisasi tetap dapat dilakukan dengan secara virtual, seperti melalui media sosial, aplikasi pesan singkat, telepon, atau konferensi video. [*]

Laman sebelumnya 1 2

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button