November 2021Peristiwa

36 Kabupaten/ Kota Raih Penghargaan Swasti Saba

36 Kabupaten/kota mendapat penghargaan sebagai kabupaten/ kota sehat yang bersih, aman, nyaman untuk dihuni. Penghargaaan ini diberikan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Pemberian penghargaan ini diberikan Kemenkes pada Rabu, 17 November 2021. Kabupaten/kota yang sehat dinilai dapat meningkatkan sarana, produktivitas, dan perekonomian masyarakat sekitar. Terdapat 7 tatanan kabupaten/kota yang sehat, antara lain: kawasan pemukiman sarana dan prasarana umum, kawasan tertib lalu lintas dan sarana pelayanan transportasi, kawasan industri dan perkantoran sehat, kawasan pariwisata sehat, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, serta kehidupan sosial yang sehat. 

Terwujudnya 7 tatanan yang sesuai dengan standar akan mendukung pembangunan berwawasan kesehatan. Sehingga menjadi modal tercapainya derajat kesehatan setinggi-tingginya di wilayah tersebut. Penyelenggaraan program kabupaten/kota sehat melibatkan banyak lintas sektor dan lintas program melalui tatanan dalam kabupaten/kota sehat.

Selain kabupaten/kota sehat, Kemenkes juga memberikan penghargaan penerapan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian COVID-19 dan inovasi tempat pengelolaan pangan (TPP). Saat ini terdapat 135 TPP masuk nominasi yang terdiri dari 37 jasa boga, 51 restoran, 40 restoran hotel, dan 7 sentra pangan jajanan atau kantin. 

Wakil Menteri Kesehatan RI, dr. Dante Saksono Harbuwono, mengatakan pemberian penghargaan kabupaten/kota sehat dan TPP merupakan salah satu bentuk apresiasi kepada kabupaten/kota yang telah menerapkan berbagai macam inovasi, kemandirian, dan bentuk kerja aktif.

“Itu adalah hasil kerja keras bukan semata-mata yang diselenggarakan dalam satu atau dua minggu saja tapi penghargaan yang sudah dikerjakan selama bertahun-tahun sebelumnya,” kata Dante seperti dikutip dari rilis Kemenkes.

1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *