November 2021PotretProfil

Jejak Pemberantasan TBC dari Zaman Kolonial di RSPG Cisarua

Seiring berjalannya waktu, RSPG Cisarua terus memperbaiki kualitas layanannya, terlebih sejak tahun 2009 sudah ditetapkan sebagai Instansi Pemerintah Yang Menerapkan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum secara penuh (BLU penuh). Sila mengatakan, RSPG Cisarua yang telah berusia 93 Tahun, terus menyelenggarakan upaya penyembuhan, pemulihan secara paripurna serta pendidikan, pelatihan, penelitian dan pengembangan di bidang kesehatan paru secara serasi, terpadu dan berkesinambungan dengan upaya peningkatan kesehatan lainnya serta melaksanakan upaya rujukan.

Hal ini didukung dengan keberadaan 481 pegawai yang terdiri dari 27 dokter spesialis paru, 19 dokter umum, 3 dokter gigi, 179 perawat, 2 perawat gigi, 3 bidan, 21 farmasi, 8 radiografer, 6 nutrisionis, 3 fisioterapis, 17 analis kesehatan, 2 transfusi darah, 18 perekam medis, 4 sanitarian, 3 teknik elektromedik, 1 fisikawan medis, 3 penata anestesi dan 162 tenaga non kesehatan.

Sebagaimana di awal pendiriannya, layanan kesehatan terhadap pasien TBC merupakan salah satu keunggulan dari RSPG Goenawan. Bahkan, secara spesifik RSPG juga memberikan layanan kepada penderita TBC resisten obat yang biasanya mengalami putus berobat, baik sebelum atau selama pengobatan dengan memanfaatkan teknologi sebagai pengingat jadwal sampai dengan program konvensional pemberdayaan pasien TBC. 

“Untuk pasien TB yang butuh waktu perawatan yang panjang kami memanfaatkan teknologi digital dan pemberdayaan masyarakat. Diantaranya dengan membuat WA grup pasien TBC, TBC sensitif obat dan TBC resisten obat. Jika tidak datang untuk kontrol, maka kami akan lakukan telemedicine,” ungkapnya. Salah Satu Fasilitas Terbaru di RSPG Cisarua

Layanan Unggulan

Selain pelayanan bagi pasien TBC, fasilitas unggulan lain yang dimiliki RSPG Cisarua adalah layanan bedah toraks. Layanan Spesialis Bedah Toraks Kardiovaskuler (BTKV) diberikan untuk bedah saluran pernapasan dari kerongkongan sampai paru-paru baik penyakit maupun cedera, infeksi paru, kelainan pembuluh darah trauma pembuluh darah, tumor dinding dada sampai tumor paru, penyakit dan kelainan di daerah mediastinum, kelainan di diafragma, dan kelainan atau penyakit pada dinding dada.  Bedah toraks di RSPG menggunakan teknologi Video-Assisted Thoracoscopy (VATS). Dengan adanya teknologi modern, dokter bedah toraks dapat menggunakan metode dan teknik yang lebih tepat dan akurat, sehingga mengurangi risiko infeksi dan komplikasi serius lainnya. Sejak September 2019 hingga semester pertama 2020, RSPG telah melaksanakan bedah toraks kasus kecil sampai dengan besar sejumlah 567 pembedahan.

Sebagai rumah sakit BLU, RSPG selain memberikan layanan masalah penyakit paru juga menyediakan layanan poliklinik yang terdiri dari poli obgyn, penyakit dalam, spesialis anak dan bedah. Rumah sakit yang terletak di terletak Desa Cibeureum, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat ini mayoritas kedatangan pasien yang berasal dari Bogor, Sukabumi dan Cianjur. Selain itu rumah sakit yang berada di kawasan wisata Puncak ini juga memiliki pasien yang berasal dari luar negeri.

“Ada pasien umum bahkan ada yang berasal dari organisasi migran, ada beberapa orang Afganistan, Saudi Arabia, sering berobat ke sini tapi mereka hanya sementara tapi lebih dominan WNI, Parahyangan Barat istilahnya,” sebut Sila.

Perkembangan zaman juga membuat RSPG Cisarua membangun rencana untuk memberikan layanan yang lebih baik lagi serta sesuai dengan kebutuhan pasien. Diantara layanan yang hendak dikembangkan beberapa waktu mendatang adalah house peace care, dimana pasien dapat memanfaatkan lingkungan RSPG yang nyaman dan asri sementara keluarga yang mengantar bisa menikmati wisata di daerah puncak.

Laman sebelumnya 1 2

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *