November 2021Peristiwa

Kemenkes Canangkan 6 Bidang Transformasi Kesehatan

Situasi pandemi COVID-19 yang tengah terjadi saat ini memberikan kesempatan lain dalam bidang kesehatan. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencanangkan 6 bidang transformasi kesehatan sebagai bagian dari memperbaharui dan menyempurnakan kesehatan.

“Sudah saatnya kita memanfaatkan pandemi ini untuk mengoreksi apa yang bisa kita lakukan ke depannya. Dan Kementerian Kesehatan sudah mencanangkan transformasi kesehatan yang harus kita lakukan meliputi 6 bidang,” kata Menkes Budi Gunadi Sadikin, dalam upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-57 pada Hari Jumat, 12 November 2021 di Auditorium Siwabessy, Kuningan, Jakarta.

Peringatan upacara HKN ini turut dihadiri pejabat tinggi madya, pratama serta pegawai di lingkungan Kemenkes dan seluruh insan kesehatan di pelosok Tanah Air yang mengikuti secara daring melalui kanal Youtube Kemenkes RI. Peringatan HKN ke-57 mengangkat tema “Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku”. 

Keenam bidang transformasi kesehatan tersebut yaitu pertama, transformasi di layanan primer. Transformasi ini bertujuan untuk membantu seluruh puskesmas atau klinik yang ada di pelosok-pelosok Indonesia untuk meningkatkan layanan promotif dan preventif.

Kedua, transformasi layanan rujukan. Transformasi ini bertujuan untuk meningkatkan akses rumah sakit dan kualitas layanannya. Sehingga, seluruh rakyat Indonesia yang sakit bisa dengan mudah mendapatkan pelayanan dengan kualitas yang baik tanpa perlu antri lama dan tanpa perlu berobat ke luar negeri.

Ketiga, transformasi dari sistem ketahanan kesehatan. Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam, akan tetapi, Indonesia juga sering mengalami bencana, baik bencana alam maupun bencana non alam yang menelan korban yang cukup banyak. Untuk itu, Indonesia harus memiliki sistem ketahanan kesehatan agar selalu siap siaga melayani rakyat yang menjadi korban dari bencana tersebut.

1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button