Arsip e-MagazineNovember 2021Serba Serbi

Menelusuri Fenomena La Nina

Dampak La Nina 

La Nina menjadikan background atmosfer menjadi lebih basah dibandingkan dengan kondisi normal. Dengan demikian bencana yang berpotensi terjadi pada saat La Nina adalah bencana yang dipicu akumulasi hujan, seperti banjir dan longsor.

Fenomena La Nina
Waspada penyakit di musim hujan

Karena curah hujan meningkat di sepanjang bulan maka akan berkontribusi pada meningkatnya volume air di saluran-saluran irigasi, badan sungai atau waduk. Akibatnya dapat meningkatkan risiko banjir. Longsor adalah bencana lain yang dipicu oleh proses akumulasi. Longsor tidak dipicu oleh hujan yang serta merta, tapi dipicu oleh hujan sebelumnya yang membuat tanah menjadi lebih jenuh. Kondisi La Nina yang menyebabkan akumulasi jumlah hujan bertambah dibarengi dengan naiknya frekuensi hari hujan, akan berkontribusi pada meningkatnya kejenuhan tanah yang dapat meningkatkan risiko longsor.

Oleh karena itu, Supari menegaskan agar masyarakat memahami manajemen lingkungan, supaya lingkungan siap untuk kondisi akumulasi yang tinggi akibat fenomena penyimpangan iklim global ini. 

Meski berbeda dengan musim hujan, masyarakat diimbau untuk menjaga kesehatan ketika curah hujan tinggi terhadap potensi penyakit yang biasa muncul akibat adanya perubahan cuaca dan musim hujan seperti diare, demam berdarah, leptospirosis, Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), penyakit kulit, penyakit saluran cerna lain, dan perburukan penyakit kronik yang mungkin memang sudah diderita, sebagaimana dimuat pada laman sehatnegeriku.kemkes.go.id. 


Masyarakat agar menjaga kesehatan saat curah hujan tinggi dating karena berpotensi munculnya beberapa penyakit.

Laman sebelumnya 1 2

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button