November 2021Peristiwa

Ubah Data Diri di Layanan Baru Chatbot PeduliLindungi

Kementerian Kesehatan meluncurkan layanan chatbot PeduliLindungi. Aplikasi layanan ini dibuat untuk mempercepat respon pengaduan masyarakat yang berkaitan dengan sertifikat vaksin dan status vaksinasi.

Untuk mengakses layanan chatbot PeduliLindungi, masyarakat bisa menghubungi nomor Whatsapp 081110500567. Akun ini menggunakan nama Kemenkes RI dengan tanda centang hijau.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI, Kunta Wibawa Dasa Nugraha mengatakan, selama ini pengaduan diarahkan ke email sertifikat@pedulilindungi.id atau call center 119 ext 9. Dari kedua saluran pengaduan tersebut, jumlah rerata aduan per minggunya mencapai lebih dari 134.000 email dan 80.000 penelepon. Sebagian besar aduan terkait dengan informasi sertifikat vaksin dan penyesuaian data, seperti nama dan nomor ponsel.

“Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan bisa menghadirkan layanan chatbot PeduliLindungi untuk mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan sertifikat, status vaksinasi dan perbaikan info diri,” kata Kunta pada konferensi pers Peluncuran Chatbot Whatsapp PeduliLindungi yang digelar secara daring, Rabu, 10 November 2021 di Jakarta.

Layanan chatbot PeduliLindungi ini dapat diakses selama 24 jam, sehingga diharapkan bisa menjawab kebutuhan masyarakat. “Karena rata-rata aduannya sangat tinggi per minggunya sehingga diharapkan masyarakat yang masih terkendala dengan email dan call center bisa menggunakan chatbot yang lebih gampang dan juga bisa 24 jam diakses,” tutur Kunta.

Pada kesempatan yang sama, Chief of Digital Transformation Office (DTO), Kementerian Kesehatan, Setiaji menyebut bahwa layanan Chatbot ini memiliki 3 menu utama yang dapat digunakan oleh masyarakat, yakni Download Sertifikat Vaksin, Status Vaksinasi, dan Ubah Info Diri.

Bagi masyarakat yang belum mendapatkan sertifikat dan terkendala untuk mengaksesnya di Aplikasi PeduliLindungi bisa memilih menu Download Sertifikat. Pengecekan status vaksinasi juga dapat dilakukan melalui menu Status Vaksinasi.

1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button