Desember 2021Isi Piringku

Angeun Kacang Bereum

Jika membicarakan kuliner dari tatar pasundan, tentu tidak akan ada habisnya. Ragam masakannya yang otentik dijamin akan menggugah selera makan kita. Oleh karenannya, jangan heran jika makanan Sunda akan selalu dirindukan banyak orang. Salah satu jenis makanan tradisional  khas Sunda  yang terbilang sederhana dan praktis, namun kaya akan gizi, adalah ‘Angeun Kacang Bereum’ (Sayur Kacang Merah). Tidak seperti sup yang gurih, Angeun Kacang Bereum memiliki rasa yang cukup unik. Jalinan rasa asam, manis, sedikit pedas, dan gurih bersatu padu dalam kuah yang segar. Bagi orang sunda yang tengah merantau, Angeun Kacang menjadi menu penepis rindu pada kampung halaman. 

Mayang (32), wanita karier asal Cimahi yang telah menetap di Jakarta sejak 2010, sangat menyukai sayur kacang merah yang dikreasikan dengan labu dan tomat hijau. “Cara membuatnya juga mudah dan rasanya tetap segar meskipun dimakan dalam keadaan dingin”, tandas Mayang. 

Mayang melanjutkan, ia lebih sering makan sayur kacang merah saat pulang ke rumah orang tuanya di Cimahi. Tapi saat di Jakarta, sayur kacang merah termasuk menjadi menu yang sering dibuat untuk keluarganya, bisa sekitar 2-3 minggu sekali.  Kacang merah yang digunakan bernama kacang endul, yang biasa dibeli dari Cimahi. 

Cara membuat Angeun Kacang Bereum cukup mudah. Bahan dan bumbunya juga sederhana, yaitu kacang merah direbus dan bisa ditambah tetelan sapi guna memperkuat rasa kaldunya (opsional). Lalu masukan bumbu iris yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, lengkuas, dan cabai. Jangan lupa tambahkan daun bawang, daun salam, gula merah, asam jawa dan garam untuk menguatkan rasa.

Manfaat Kacang Merah Bagi Tubuh 

Kacang merah (Phaseolus vulgaris) merupakan jenis kacang-kacangan yang umum ditemukan di Indonesia.  Kacang merah memiliki berbagai macam varian. Diantaranya yang terkenal yaitu seperti red bean, kidney bean, dan kacang adzuki (kacang tolo). 

Walaupun bentuknya kecil, kacang merah memiliki kandungan gizi yang baik bagi tubuh.  Yaitu sebagai sumber protein nabati, karbohidrat kompleks, serat, vitamin B, kalium tiamin, kalsium, fosfor, dan zat besi. Oleh karena itu, jika kita mengkonsumsi kacang merah inilah beberapa manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan, berdasarkan situs verywellfit.com:

Membantu Menjaga Berat Badan

Hasil penelitian menunjukan menambahkan kacang merah sebagai sebagai sumber energi nabati dapat memberikan membantu mengontrol onesitas, dan penyakit lainnya seperti kardiovaskular, diabetes dan sindrom metabolisme. Sangat dianjurkan untuk menggantikan makanan dengan tinggi kalori dan lemak hewani (seperti burger atau sosis) dengan kacang-kacangan. Atau bisa juga menggabungkan antara seporsi kecil daging dengan kacang-kacangan dalam mengolah masakan. 

Menurunkan Kolesterol 

Menambahkan kacang merah dalam menu diet dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Kandungan omega 3 dan 6 pada kacang merah meningkatkan penghancuran kolesterol jahat.  

Memperbaiki Kemampuan Mengontrol  Gula Darah 

Kandungan gula yang tinggi dalam darah kita, berpotensi meningkatkan berbagai risiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan diabetes. Kacang merah temasuk delam kategori makanan dnegan indeks glikemi yang rendah. Dengan mengonsumsi kacang merah, maka bisa membantu seseorang (yang mengidap diabetes maupun tidak) meningkatkan kontrol gula darah dalam jangka panjang. Hal ini dikarenakan kacang merah yang tinggi akan kandungan protein, serat dan karbohidrat yang pelan untuk dicerna. 

Membantu Kerja Bakteri Baik

Serat dan tepung yang terkadung pada kacang merah berfungsi sebagai prebiotik. Sehingga sangat bermanfaat bagi bakteri didalam pencernaan. Oleh karenanya kacang merah bisa meningkatkan kesehatan pencernaan dan mencegah beberapa jenis kanker. 

Tip Mengolah Kacang Merah Kering

Sulit mendapatkan kacang merah segar ? jangan khawatir, kita  bisa tetap memanfaatkan kacang merah kering untuk diolah. Pada laman thebeaninstitutue.com memberikan tip cara mengolahnya agar empuk dan mengembang: 

  1. Bersihkan  

Tempatkan kacang pada nampa, pilihlah kacang dengan kondisi baik dan buang kotoran yang ada, seperti daun, kerikil, dan sebaginya

  1. Cuci 

Setelah kacang dipilih yang bagus, selanjutnya taruh kacang pada saringan dan cuci dnegan ar dingin yang mengalir

  1. Rendam

Cara yang paling direkomendasikan untuk merendam kacang merah ialah dengan direbus. Siapkan panci yang cukup besar dan isi 10 cup air untuk setiap 2 cup kacang merah. Selanjutnya panaskan hingga mendidih  dan biarkan selama 2-3 menit. Buang air rebusan, tutup panci dan biarkan selama 4 jam.

Dilansir dari panganku.org, kandungan gizi kacang merah rebus, per 100 gram berat dapat dimakan yaitu:
Air (Water) : 63.1 g

Energi (Energy) : 144 Kal

Protein (Protein) : 10.0 g

Lemak (Fat) : 1.0 g

Karbohidrat (CHO) : 24.7 g

Serat (Fibre) : 3.5 g

Abu (ASH) : 1.2 g

Kalsium (Ca) : 144 mg

Fosfor (P) : 150 mg

Besi (Fe) : 2.8 mg

Natrium (Na) : 6 mg

Kalium (K) : 311.0 mg

Tembaga (Cu) : 0.27 mg

Seng (Zn) : 1.5 mg

Thiamin (Vit. B1) : 0.10 mg

Riboflavin (Vit. B2) : 0.08 mg

Niasin (Niacin) : 0.7 mg

Utami Widyasih

Abdi Negara, Ibu satu anak, Gemar memasak

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button