Desember 2021Peristiwa

Kemenkes Gandeng Pramuka Kuatkan Sistem Ketahanan Kesehatan

Kementerian Kesehatan menggandeng Pramuka dalam peningkatan dan penguatan ketahanan kesehatan masyarakat. Penandatanganan nota kesepahaman ini dilaksanakan dengan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka untuk pembangunan sistem kesehatan pengendalian pandemi COVID-19.

“Kami menyadari tidak bisa bekerja sendiri. Kita juga tidak bisa melakukannya dalam bentuk program tetapi harus berbasis gerakan yang sesuai dengan Gerakan Pramuka,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, 24 Desember 2021. 

Budi berharap kerja sama ini bisa terus berlanjut dan dioptimalkan dalam bentuk program yang berdampak bagi sistem kesehatan. Selanjutnya, jangkauannya juga harus diperluas, hingga kwartir cabang di kabupaten/kota.

“Kerja sama ini mestinya harus jadi program. Kita harus membuat tanda kecakapan khusus. Tapi tanda kecakapannya berkaitan dengan kesehatan,” ujarnya dalam laman sehatnegeriku.kemkes.go.id.

Dengan demikian, akan semakin banyak sumber daya manusia di bidang kesehatan yang terampil dan berkualitas serta mendukung ketahanan sistem kesehatan. Seorang pramuka senantiasa ingat dengan janji Tri Satya yang di antaranya menyebutkan bahwa pramuka bersungguh-sungguh menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat. 

Tri Satya Pramuka
Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh: Menjalankan kewajibanku kepada Tuhan, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mengamalkan Pancasila; Menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat; Menepati Dasadarma

“Untuk itu pramuka siap meneruskan perjuangan dengan ikut mengambil peran dalam reformasi sistem kesehatan nasonal serta pengendalian pandemi COVID-19,” kata Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Budi Waseso.

Pada kondisi seperti sekarang ini, pramuka ikut aktif dalam berbagai aktivitas pencegahan dan penanganan COVID-19. Pramuka melakukan tugasnya dengan menjadi contoh, penyambung informasi, edukator dan pendamping di masyarakat. Melalui cara ini, pramuka berupaya meningkatkan kapasitas sekaligus memberdayakan mereka untuk lebih dalam menghadapi pandemi COVID-19.

“Pramuka tergerak untuk menjadi bagian dari penanganan pandemi. Berbagai kegiatan telah dilakukan seperti mengajak masyarakat untuk patuh terhadap protokol kesehatan, selalu bersimpati dan empati terhadap mereka yang terdampak COVID-19, membantu vaksinasi bagi masyarakat di seluruh pelosok Tanah Air,” tutur Budi.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button