Desember 2021Peristiwa

Omicron Pertama Masuk Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyampaikan informasi perkembangan kasus varian Omicron COVID-19 yang masuk ke Indonesia. Kasus pertama Omicron ini ditemukan pada 15 Desember 2021 dengan 1 pasien terkonfirmasi.

“Kementerian Kesehatan tadi malam telah mendeteksi ada seorang pasien inisial ‘N’ terkonfirmasi Omicron pada tanggal 15 Desember,” ucap Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunawan Sadikin pada 16 Desember 2021 melalui saluran YouTube Kementerian Kesehatan.

Terungkapnya kasus pasien COVID-19 terjangkit Omicron di Indonesia ini bermula dari pengambilan sampel rutin bagi para petugas yang bekerja di Wisma Atlet Pademangan pada tanggal 8 Desember 2021. Sampel tersebut kemudian dikirimkan ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kemenkes pada 10 Desember 2021 untuk dilakukan penelitian melalui whole gynome sequencing (WGS).  Hasil WGS menunjukan ada tiga petugas kebersihan wisma atlet yang positif COVID-19 dan salah satunya terkonfrimasi positif omicron.

“Tanggal 15 keluar hasil gynome sequence dari tiga orang ini, satu adalah omicron yang dua bukan. Untuk yang satu ini sudah kami double check ke GISAID dan memang terkonfirmasi omicron,” sebut Menkes.

Sejak pertama kali dilakukan pengambilan sampel ketiga, pekerja ini tidak memiliki gejala seperti batuk maupun demam, secara kondisi fisik mereka juga tampak sehat. Meski tanpa gejala mereka bertiga tetap melakukan isolasi di wisma atlet. 

“Ketiga pasien ini di karantina di wisma atlet dan tanpa gejala, mereka juga sudah diambil PCR keduanya dan hasil PCR-nya semuanya negatif,” terang Menkes.

1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button