Desember 2021Serba Serbi

Tari Tradisional Ini Dikenal di Mancanegara

Tari-tari tradisional dari berbagai daerah ini memiliki karakteristik sendiri. Tak heran jika berhasil go international. 

Indonesia adalah negara yang kaya dengan berbagai macam tarian tradisional. Setiap daerah memiliki tarian yang sarat dengan filosofi dan nilai budaya karena hasil turun temurun dari leluhur dan dijaga keberadaannya.  Tak heran jika tarian tradisional Indonesia dikenal indah dan memukau seluruh dunia. Berikut lima kesenian tari tradisional di Indonesia yang dikenal sampai mancanegara:

1. Tari Jaipong 

Tarian yang berasal dari Jawa Barat ini merupakan gabungan dari beberapa seni tradisional seperti pencak silat, ketuk tilu, wayang golek, dan lain-lain. Menurut detik.com, Tari Jaipong diciptakan oleh seniman Jawa Barat Gugum Gumbira berasal dari Bandung dan Suanda dari Karawang pada tahun 1975. Ciri khas tarian ini adalah gerak tari tradisi yang ada pada Keliningan/Bajidoran. Dengan diiringi alat musik degung sehingga menambah suasana ceria sehingga banyak orang turut menari saat menonton Jaipong. Tari Jaipong biasanya disuguhkan sebagai tarian menyambut tamu mancanegara yang berkunjung ke Jawa Barat.

2. Tari Saman

Tari Saman adalah tarian tradisional yang berasal dari Tanah Tinggi Gayo Aceh. Tari saman diciptakan oleh Syekh Saman, seorang ulama asal Gayo di Aceh Tenggara. Dilansir dari travel.detik.com, UNESCO tahun 2011 telah menetapkan Tari Saman sebagai “Representative List of The Intangible Cultural Heritage of Humanity”. Tarian ini merupakan sarana dakwah yang diselenggarakan pada hari pada hari penting adat masyarakat Aceh atau memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW. Keunikan Tarian Saman adalah pada suara yang dihasilkan dari gerakan tepuk dada dan tepuk tangan para pemainnya dengan posisi duduk.

Saman Dance, Traditional Dance from Aceh, 12 December 2018, Taman Nusa, Gianyar, Bali – Indonesia.
1 2 3Laman berikutnya

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button