Februari 2022Isi Piringku

Jukut Roroban Kelor Khas Bali

Penelitian menyebutkan semua bagian tanaman kelor memiliki khasiat. Pohon ajaib sahabat ibu.

Tanaman kelor atau Moringa oleifera dikenal mengandung banyak manfaat. Tanaman yang memiliki kandungan gizi tinggi ini mudah tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia. Masyarakat Indonesia umumnya memanfaatkan kelor sebagai sayur. Salah satu sayur berbahan daun kelor yang populer adalah jukut roroban kelor khas Bali.

Kelor kaya kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Syarifah Aminah dan kawan-kawan dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jakarta (jakarta.litbang.pertanian.go.id), yang meneliti perihal kandungan nutrisi dan sifat fungsional tanaman kelor, menemukan manfaat dan khasiat kelor pada semua bagian tanaman, dari daun, batang, akar, hingga biji. Karena itu kelor disebut dengan miracle tree and mother’s best friend (pohon ajaib dan sahabat ibu). 

Menurut Syarifah dan tim, daun kelor kaya akan kalsium, besi, protein, vitamin A, vitamin B dan, Vitamin C. Kini kelor tak hanya dikonsumsi langsung dalam bentuk segar, tetapi juga sudah diolah menjadi tepung yang dapat digunakan sebagai bahan pengayaan (fortifikan) untuk mencukupi nutrisi pada berbagai produk pangan, seperti pada puding, keik, nugget, biskuit, cracker, dan makanan olahan lainnya.

Seperti dilansir id.theasianparent.com, daun kelor memiliki banyak manfaat seperti mencegah kanker, menyehatkan mata, menurunkan kadar gula darah, antioksidan alami, menurunkan kolesterol, sebagai asupan gizi bagi ibu menyusui, bersifat anti penuaan, serta menyehatkan pencernaan.

Dengan khasiat dan manfaat daun kelor yang begitu besar, tidak ada salahnya kalau kita mencoba memasaknya. Jukut roroban kelor khas Bali bisa menjadi pilihan untuk menambah variasi menu makanan keluarga.

Cara Membuat Jukut Roroban Kelor

Jukut roroban kelor dibuat dengan menggunakan santan dan bumbu kuning (base genep). Adapun cara membuat bumbu kuning dan bahan untuk membuat masakan ini sebagai berikut:

Bumbu kuning:

2 ruas kunyit, 2 ruas lengkuas, 1 ruas kencur, 3 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, 2 cabai merah besar, cabai kecil sesuai selera, merica, ketumbar, sedikit terasi, dan gula.

Bahan untuk membuat:

Daun kelor dan santan (1/2 sampai 1 butir kelapa).

1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *