Februari 2022Serba Serbi

Tanaman Pengusir Nyamuk Selain Lavender

Ada banyak tanaman yang bermanfaat untuk mengusir nyamuk. Cocok ditanam di sekitar rumah untuk menghiasi pekarangan.

Lavender selama ini dikenal sebagai tanaman hias pengusir nyamuk. Namun, selain tumbuhan berbunga ungu itu, ada banyak tanaman lain yang punya manfaat serupa. Tanaman tersebut bahkan tidak hanya antinyamuk tetapi juga cocok ditanam di sekitar rumah untuk menghiasi pekarangan. Selain mudah ditanam, bentuknya juga cantik dan aromanya wangi.

Nyamuk tidak menyukai tanaman beraroma harum seperti lavender. Nyamuk akan kabur jika mencium aromanya. Itulah sebabnya banyak orang menanam lavender, bukan cuma karena bentuknya yang indah tetapi juga bermanfaat untuk mengusir nyamuk.

Bagaimana tanaman hias bekerja mengusir nyamuk? Dikutip dari kompas.com, tanaman pengusir nyamuk paling baik bekerja saat aromanya keluar dari daun. Karena itu biasanya orang memanfaatkan tanaman ini dengan menghancurkan daunnya dan mencampurkannya dengan minyak tertentu lalu mengoleskannya ke tangan atau kaki agar terhindar dari sengatan nyamuk.

Berikut ini beberapa tanaman yang tidak disukai nyamuk:

1. Serai

Menurut cnnindonesia.com, serai (Cymbopogon citratus) merupakan tanaman yang paling tidak disukai nyamuk. Tanaman yang memiliki aroma lemon ini mudah dijumpai karena sering digunakan sebagai bumbu masakan. Serai atau disebut juga dengan citronella grass mudah tumbuh di pekarangan. Anda bisa menaruh serai ke dalam gelas yang telah berisi air dan meletakkannya di dalam ruangan, maka nyamuk tidak akan mau memasuki ruangan tersebut.

1 2Laman berikutnya

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *